Sukses

Cepat dan Mudah, Ini Cara Gampang Memperpendek Link URL 

Ada cara cepat untuk memperpendek tautan atau url di internet dengan menggunakan tools di situs Come.to.

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa sekarang, ketika banyak hal terhubung dengan internet, sering kali kita temui link (tautan) yang menyimpan informasi penting. Tidak selalu mudah untuk membagikan kembali atau mencari tautan itu. Mengapa demikian? Sebab link-link terkait informasi penting yang akan kita pergunakan tersebut tersusun dalam untaian karakter berupa gabungan huruf dan angka yang panjang dan susah diingat.

Untuk itulah ada tools guna memperpendek link url di internet dengan menggunakan situs Come.to.

Macam-macam link penting terkait informasi penting dalam untaian huruf dan angka yang panjang itu bisa dalam bentuk sebagai berikut seperti tautan ke Google Maps, Google Forms, Google Drive atau berbagai media sosial serta undangan digital seperti perkawinan atau acara lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan

Dengan memperpendek tautan link seperti menggunakan situs come.to terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan yaitu:

Mendapatkan banyak klik

Link pendek lebih mudah diingat ketimbang link panjang. Url pendek juga lebih mengundang untuk diklik dibandingkan link yang panjang dan rumit karena terlihat lebih menarik. Dengan mempersingkat url, kita dapat membuatnya lebih menarik secara visual dan meningkatkan kemungkinan pengguna akan mengekliknya.

Mudah dibagikan

Menurut Neil Patel, seorang digital marketer dan pengusaha terkemuka mengatakan bahwa semakin pendek sebuah URL, semakin baik. Menurutnya pula, orang lebih cenderung mengingat dan membagikan URL yang lebih pendek karena lebih menarik. Link singkat lebih mudah dibagikan di media sosial, aplikasi messaging, dan platform online lainnya. Link pendek menggunakan lebih sedikit ruang dan dapat dengan mudah disalin-tempelkan ke dalam pesan, email, dan konten daring lainnya.

Dapat dikustomisasi

Dengan menggunakan pemendek tautan seperti Come.to memungkinkan kita menyesuaikan nama link dengan menambahkan nama tempat secara spesifik seperti misalnya: come.to/rumahsaya atau kata kunci tertentu misalnya come.to/formulirpendaftaran. Hal ini membuat tautan lebih mudah diingat untuk dipergunakan sewaktu-waktu.

Mendatangkan konversi

Jika tautan pendek yang dibuat terhubung dengan bisnis maka berpotensi mendatangkan konversi yang diharapkan bagi bisnis. Atau jika tautan terhubung dengan website atau blog, tautan pendek berpotensi mendatangkan Click Through Rate (CTR). CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impresi pada website atau blog. Hal ini tentu saja berarti peningkatan jumlah pengunjung website.

 

3 dari 3 halaman

Mudah Dilakukan

Guna memperpendek link url dengan menggunakan come.to, pertama-tama masuk ke situs come.to. Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan akun atau login dengan memakai akun Google agar bisa mengakses layanan perpendek link yang bisa dikostumisasi.

Selanjutnya, tuliskan link panjang pada kotak dialog di sebelah kanan instruksi “Enter your long URL”. Di bagian bawah ada kalimat “Customize your short URL”, di sebelah kanannya ada kotak bertuliskan “alias”. Dalam kotak alias tuliskan kata apa yang kita inginkan untuk menggantikan tautan panjang tadi. Klik tombol berwarna kuning bertuliskan “Short it” untuk mendapatkan hasilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.