Sukses

Google Chrome Akan Tampilkan Lagi URL Secara Lengkap

Liputan6.com, Jakarta - Google Chrome akan kembali menampilkan URL secara penuh di bilah omnibox browser. Itu berarti perusahaan mencabut eksperimen yang telah dilakukan bertahun-tahun yang hanya memuat sebagian URL.

Mengutip Engadget, Minggu (13/6/2021), dalam rincian dokumen pengembang Chrome, kini tampilan URL singkat yang ada di omnibox akan diganti menjadi URL lengkap situs.

"Eksperimen domain yang disederhanakan dihapus," tulis pemimpin teknologi Emily Stark, dalam dokumen yang ditemukan Android Police.

Pengembang menilai, eksperimen itu tidak menunjukkan metrik keamanan yang relevan, jadi ia memutuskan untuk tidak meluncurkannya.

Perubahan sekarang aktif di Chrome 91, dengan hanya "https://" yang disembunyikan secara default.

Namun, cara mudah untuk menampilkan keseluruhan URL di omnibox cukup dengan klik kanan di omnibox Chrome dan pilih “Always Show full URLs”.

 

2 dari 2 halaman

Sebagian URL

Sebelumnya, Google berencana untuk menghapus URL sepenuhnya dan hanya menampilkan istilah pencarian.

Cara itu terlihat menyederhanakan omnibox dengan menyembunyikan "https://www" dan hanya menampilkan nama domain dan website utama.

Tujuannya, Google memandang itu agar pengguna rata-rata merasa semuanya jadi lebih sederhana.

"Mereka sulit dibaca, sulit untuk mengetahui bagian mana dari mereka yang seharusnya dipercaya, dan secara umum menurut saya URL tidak berfungsi sebagai cara yang baik untuk menyampaikan identitas situs," kata Manajer Chrome Adrienne Porter Felt kepada Wired pada tahun 2018.

Namun, setelah Google melakukan hal itu, seorang kritikus dari Hacker News menemukan kelemahan langkah tersebut.

Ditemukan, dua situs berbeda akan tampak identik, dan ini dinilai berpotensi mengekspos pengguna ke serangan phishing.

(Rif/Isk)