Sukses

Pemkab Banyuwangi Rekrut Relawan Penjaga Perlintasan Kereta Api, Berminat?

Relawan sangat berperan untuk meminimalisasi kecelakaan karena padatnya kendaraan saat momen Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Bupati Banyuwangi Jawa Timur akan mengerahkan puluhan relawan yang bertugas membantu menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

Langkah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merekrut relawan untuk menjaga perlintasan kereta api itu untuk menjamin keamanan selama arus mudik Lebaran. 

"Ini ikhtiar untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Saat Lebaran, pastinya arus lalu lintas semakin padat maka upaya pengamanan juga harus kami tingkatkan. Termasuk pada titik-titik rawan seperti perlintasan KA tanpa palang pintu yang memang sangat berisiko terjadi kecelakaan," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Rabu (27/4/2022).

Menurut Ipuk, relawan sangat berperan untuk meminimalisasi kecelakaan karena padatnya kendaraan saat momen Lebaran. Mereka juga rela dan ikhlas bertugas pada saat seharusnya bisa berkumpul dengan keluarga.

"Terima kasih kepada mereka semua. Maka saya meminta kepada semua pemudik agar mematuhi petugas, ini akan meringankan tugas mereka agar mudiknya lancar semua," ujarnya. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyuwangi Dwiyanto mengatakan para relawan tersebut akan disebar untuk menjaga arus lalu lintas di titik perlintasan kereta yang ramai dilewati pengendara.

"Relawan ini adalah warga yang berdomisili di sekitar perlintasan kereta. Pada setiap titik dilakukan penjagaan selama 24 jam selama arus mudik. Mereka dilatih langsung oleh PT KAI sehingga sudah tahu tata cara pengamanannya," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Rusak

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU Cipta Karya, Penataan Ruang dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi Danang Sugiarto menambahkan bahwa selain merekrut relawan penjaga perlintasan kereta api, Pemkab Banyuwangi juga mempercepat perbaikan infrastruktur, bahkan pengerjaan dilakukan sampai malam hari.

Selain menambal jalan berlubang, pemeliharaan jembatan dan drainase juga dilakukan.

"Berbagai pekerjaan itu ditarget rampung H-4 Lebaran yang tahun ini diperkirakan berlangsung bertepatan 2 Mei mendatang," katanya.

Danang mengatakan pemeliharaan rutin diprioritaskan pada jalan-jalan poros penghubung antar kecamatan.

"Kami lakukan tambal sulam pada ruas jalan yang kerusakannya tidak lebih dari 23 persen. Lebih kurang ada 125 titik jalan rusak dengan panjang mencapai 200 kilometer se-Banyuwangi," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.