Sukses

Polemik Dugaan Perusakan Patung Penjaga Pura Joyo Amijoyo Kediri

Polisi saat ini masih menyelidiki dugaan perusakan patung penjaga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pihak kepolisian turun tangan menyelidiki kasus dugaan perusakan patung penjaga yang berada di Pura Joyo Amijoyo, wilayah Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Patung tersebut diduga sengaja dirusak oleh orang tak dikenal. 

"Dari laporan awal, patung kondisinya rusak. Kami masih lakukan penyelidikan kejadian ini," kata Kapolsek Grogol Kompol Shokib Dimyati di Kediri, Jumat (18/2/2022). 

Berdasarkan data yang diterima, patung itu berada di halaman Pura Joyo Amijoyo, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol. Patung itu adalah patung penjaga dengan ukuran tinggi 60 sentimeter. Kondisinya saat ditemukan patah dan terpisah dari kakinya.

Sementara itu, Arkeolog Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Eko Priatno mengungkapkan bahwa ia langsung ke lokasi yang dilaporkan patung di pura ada kerusakan itu. Ia juga meneliti apakah ada kesengajaan atau tidak terkait dengan kejadian tersebut.

"Pura dan patung yang rusak tersebut tidak termasuk dalam kategori cagar budaya. Pura itu digunakan sebagai tempat ibadah," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Semua Pihak Menahan Diri

Terpisah, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) Imam Mubarok mengatakan ia juga ke lokasi guna memastikan terkait dengan aduan kerusakan patung itu. Dari hasil pemantauan yang dilakukan, ia menduga tidak ada pengrusakan, karena bekas-bekas dari patung dikembalikan ke tempat semula.

"Ada kemungkinan kemunduran truk yang remnya kurang maksimal, mengakibatkan bak truk mengenai patung dan pohon-pohon kecil atau bunga rusak," kata Imam Mubarok.

Sementara itu, dengan adanya laporan itu, Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengadakan pertemuan yang melibatkan berbagai unsur Forkopimda dan Forkopimcam Kecamatan Grogol, FKUB, PHDI dan DK4.

Hadir dalam kegiatan ini tersebut Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, serta Kapolsek Grogol Kompol Sokhib Dimyati.

Pertemuan itu sebagai tindak lanjut untuk mengantisipasi adanya salah komunikasi dan tidak ada masalah antarkelompok agama.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.