Sukses

Teknologi Digital Logistik Jadi Solusi Pelaku UMKM Untuk Menunjang Ekonomi

Ratusan pelaku UMKM di Jawa Barat yang bergerak di bidang Food & Beverage berizin membutuhkan layanan cold chain delivery sebagai penunjang bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi menjadi salah satu bagian penting di era digital saat ini. Salah satunya menunjang perekonomian bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Barat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, masalah supply chain di kalangan UMKM Jawa Barat masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu, membutuhkan peran teknologi dalam upaya menunjang kebutuhan logistik pelaku UMKM di Jawa Barat agar lebih optimal. Sebab, katanya, akan berpengaruh terhadap harga jual produk UMKM terutama makanan.

"Makanan di Indonesia masih tergolong mahal karena masalah Supply Chain masih menjadi PR yang harus diselesaikan," ujar Rachmat Taufik dalam acara Sosialisasi Bimtek Adopti Teknologi Digital Logistik: Solusi Cold Chain Logistics, Kamis (20/6/2024).

Ia mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat dengan Kominfo serta perusahaan start up digital logistik Paxel. Rachmat menyebutkan, sosialisasi tersebut dihadiri 125 pelaku UMKM yang bergerak di bidang Food & Beverage berizin dan membutuhkan layanan cold chain delivery sebagai penunjang bisnis.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Nur Iman turut hadir dalam kegiatan ini. Ia mengatakan, para pelaku UMKM mendapat kesempatan menampilkan produk unggulannya.

"Pelaku UMKM dapat kesempatan mengenalkan produk unggulannya pada acara ini. Mereka juga diberi both untuk berjualan," ujar Nur Iman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi Digital

Head of Branch Managemen Paxel Ade Ikhsan mengatakan, dalam sosialisasi tersebut, peserta mengikuti rangkaian onboarding pada apliksi layanan pengiriman rantai dingin paxel.

Selain itu, peserta juga diberi materi digital logistik cold chain dan tips & trik penanganan perishable goods atau produk mudah rusak yang dibawakan oleh Taufik Muslim – Regional Head Paxel Jawa Barat.

Kegiatan juga diisi pelatihan Digital Bisnis Mindset & Pentingnya Legalitas yang berkolaborasi dengan Ceppy Taufik Akbar dan Ristin Jatnika dari Ucollab.id," ujarnya.

Salah satu highlight event ini adalah adanya dukungan fasilitasi pengajuan HKI melalui pemberian Surat Rekomendasi HKI oleh Diskuk Provinsi Jawa Barat bagi peserta UMKM yang hadir dan memenuhi persyaratan legalitas dan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketua Tim Tranformasi Digital Sektor Pertanian Maritim Logistik, Dikki Rukmana mengharapkan, kegiatan kolaboratif ini dapat mendorong pemanfaatan teknologi bagi masyarakat, khususnya teknologi digital logistik.

"Kominfo diamanatkan mengawal transformasi digital di sektor-sektor strategis untuk mendorong ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini