Sukses

Jangan Menghafal Teks, Ini Cara Mengenal Bung Hatta ala Sekolah Pilar Indonesia

Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk memahami dan mengenal lebih dekat sosok Bung Hatta, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah Pilar Indonesia dengan bangga mempersembahkan kegiatan parent presentation yang dipersembahkan oleh siswa-siswi kelas 7 dengan judul “Bung Hatta Sang Pelopor”. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Teater Tablo yang minim dialog namun lebih mengutamakan ekspresi dan gerakan teatrikal.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pendekatan pembelajaran inovatif yang diterapkan oleh sekolah, yang berfokus pada pengalaman belajar langsung dibandingkan dengan metode konvensional seperti menghafal teks buku dan ujian tertulis.

Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk memahami dan mengenal lebih dekat sosok Bung Hatta, seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Tidak hanya mempelajari biografi beliau, anak-anak juga didorong untuk menggali lebih dalam mengenai budaya dan kehidupan di Sumatra Barat, tempat kelahiran Bung Hatta.

Proses pembelajaran dimulai dengan riset mendalam tentang perjalanan hidup Bung Hatta sejak lahir, masa kecil, pendidikan, hingga peran pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Siswa-siswi kemudian menyajikan hasil pembelajaran mereka melalui presentasi kreatif di hadapan para orang tua, guru, dan teman-teman mereka. Riset ini dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke tanah kelahiran Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatra Barat melalui program sekolah Jelajah Nusantara.

“Pendekatan belajar seperti ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, memahami materi secara kontekstual, dan mengembangkan keterampilan presentasi serta kerja sama tim,” ujar Aji Widyanto, Kepala SMP Pilar Indonesia.

“Kami percaya bahwa pengalaman langsung dan interaktif ini akan meninggalkan kesan mendalam dan pemahaman yang lebih kuat tentang sejarah dan budaya Indonesia pada diri siswa.” tambah Henri Sucahyo, guru kelas 7 Istanbul Sekolah Pilar Indonesia.

Kegiatan parent presentation ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak, memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga, serta menciptakan lingkungan belajar yang suportif dan kolaboratif, serta senantiasa membentuk karakter siswa menjadi mandiri, berbudi pekerti, dan menghargai keberagaman.

Sekolah Pilar Indonesia terus berkomitmen untuk menyediakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi para siswanya, dengan terus berinovasi dalam metode pengajaran dan kurikulum. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki wawasan luas, kreatif, dan memiliki semangat nasionalisme yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini