Sukses

Kiprah Pemuda Ciamis Galakkan Gerakan Sadar Hukum dan HAM

Selama tujuh tahun ini, Nandi mendedikasikan hidupnya untuk aktif dalam pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sosok Nandi dari Ciamis telah membuktikan bahwa semangat dan komitmen pemuda dapat membawa perubahan yang luar biasa. Lahir pada 2 Juli 1999, Nandi adalah seorang pemuda yang telah menjalani peran penting dalam membawa Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH) Provinsi Jawa Barat dikenal luas oleh berbagai kalangan, termasuk menteri dan pejabat di Indonesia.

Perjalanan Nandi dalam dunia FPSH dimulai pada tahun 2016, ketika ia pertama kali terlibat dalam forum ini melalui Kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar angkatan pertama yang diselenggarakan di Lembang, oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dengan semangat yang berkobar, Nandi berhasil merintis FPSH di tingkat sekolah, kabupaten, hingga provinsi. Kemampuannya dalam memimpin dan menginspirasi rekan-rekannya telah membawa FPSH menjadi organisasi yang semakin berkembang dan diperhitungkan.

Selama tujuh tahun ini, Nandi mendedikasikan hidupnya untuk aktif dalam pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas.

"Salah satu prinsip penting dalam kehidupan adalah kemampuan untuk berkontribusi dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam perjalanannya, Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) menjadi ladang pahala bagi saya," ucap Nandi dalam Kegiatan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM Jawa Barat Tahun 2023, Sabtu (26/8/2023).

Melalui perjalanan yang berjenjang, Nandi sukses memantapkan kariernya dalam mengemban tanggung jawab lebih besar. Dengan komitmen yang kuat, Nandi berhasil menciptakan perubahan positif dalam lingkup FPSH.

Salah satu prestasinya yang patut diacungi jempol adalah gagasan inovatifnya pada 2020. Ia menciptakan dan menggagas sistem asesmen seleksi bagi Duta Hukum dan HAM. Sistem ini memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk berpartisipasi dan bersaing secara sehat dalam menjadi Duta Hukum dan HAM, serta memastikan bahwa para calon duta memiliki pemahaman yang mendalam tentang hukum dan hak asasi manusia.

Sistem ini dirancang untuk mengidentifikasi mereka yang memiliki pemahaman mendalam tentang hukum dan hak asasi manusia, serta komitmen kuat untuk memajukan nilai-nilai tersebut dalam masyarakat. Dengan demikian, sistem ini memastikan bahwa duta yang terpilih benar-benar memenuhi kriteria yang diharapkan dan mampu menjadi agen perubahan yang efektif.

Kepemimpinan Nandi tidak hanya berdampak positif pada FPSH, tetapi juga pada para anggotanya. Banyak yang mengakui semangat Nandi dalam memimpin telah memotivasi mereka untuk berkontribusi lebih dalam dalam upaya membawa perubahan positif dalam masyarakat melalui pemahaman hukum dan hak asasi manusia.

Saat ini, Nandi telah membawa FPSH Jawa Barat menjadi forum yang dikenal oleh banyak kalangan, termasuk menteri dan pejabat di Indonesia. Kepemimpinannya yang inspiratif dan dedikasinya dalam membentuk generasi sadar hukum dan hak asasi manusia menjadi teladan bagi pemuda-pemuda lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.