Sukses

Mengintip Sistem Pengecatan Lengkap yang Jadi Bahan Pembelajaran Siswa SMK di Kendal

Saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan pendidikan kejuruan, khususnya SMK, sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) secara nasional maupun global.

Liputan6.com, Kendal - Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sarana pendidikan yang menyiapkan siswa-siswi uuntuk memiliki keterampilan dan keahlian praktis di bidang-bidang tertentu. Tujuannya, agar mereka siap memasuki dunia kerja, baik sebagai tenaga kerja maupun menciptakan lapangan kerja.

Saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan pendidikan kejuruan, khususnya SMK, sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) secara nasional maupun global.

Dengan semangat yang sama, NIPPON PAINT juga mendukung inisiasi pemerintah dan semangat peserta didik SMK Indonesia dengan menghadirkan Nippon Paint Goes to School, program edukasi seputar sistem lengkap pengecatan cat duco pada kendaraan bermotor.

Menurut Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, Nippon Paint Goes to School merupakan salah satu program CSR yang kami jalankan di bidang pendidikan.

“Ini merupakan langkah nyata yang kami lakukan untuk memberikan berbagai pengajaran yang relevan terkait industri terkini kepada siswa-siswi dan tenaga pengajar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Menandai diluncurkannya program ini, Nippon Paint mengadakan pelatihan di SMK Negeri 2 Kendal Teknik Otomotif Kendaraan Ringan dan Teknik Otomotif Sepeda Motor. Pada kegiatan ini para siswa dapat mempelajari secara langsung mengenai sistem pengecatan lengkap (coatings system) pada kendaraan bermotor dengan serangkaian cat duco – NIPPE dari Nippon Paint.

“Kami mengajak para siswa/i untuk memahami konsep dasar hingga cara kerja nyata mengenai coatings system. Hal ini penting dilakukan mengingat cat dan pelapis tidak hanya cukup memiliki fungsi estetika saja namun juga harus bisa menjawab masalah yang ditemui dalam pengecatan. Harapannya para siswa dapat mengenal seluk beluk dunia pengecatan secara lengkap agar mereka dapat menjadi aplikator-aplikator yang mandiri dan professional,” ucap Dodik Mahendra, Product Category Manager Nippon Paint Indonesia.

Kegiatan ini pun disambut antusias oleh SMK Negeri 2 Kendal sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang telah hadir di Kendal sejak 1988 dan menorehkan berbagai prestasi, serta mencetak banyak SDM unggul.

“Hari ini kami sebagai tenaga pengajar dan para siswa yang hadir merasa sangat terbantu dengan adanya program edukasi dari Nippon Paint, kami mendapatkan wawasan dan informasi yang semakin kaya dan luas,” kata Agus Basuki, Kepala SMK Negeri 2 Kendal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.