Sukses

Sedang Ramai Diperbincangkan, Ini Dia FOMO dan Gejalanya

FOMO merupakan singkatan dari Fear of Missing Out. Istilah ini digunakan untuk orang yang ingin terlihat paling gaul dan update.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mengalami takut ketinggalan informasi terkini? Atau kamu merasa puas karena menjadi orang paling pertama yang meng-update informasi di antara teman-teman sepergaulan? Hati-hati, mungkin kamu adalah FOMO.

FOMO merupakan singkatan dari Fear of Missing Out. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Patrick McGinnis, seorang penulis asal Amerika Serikat pada 2003 lalu, saat dia berkuliah di Harvard Business School.

Patrick beranggapan bahwa waktu itu merupakan era di mana manusia berada di dalam dotcom bubble. Ini merupakan sebutan ketika teknologi dan internet sedang berkembang pesat.

Kehadiran media sosial yang sedang hits di masa itu mempengaruhi manusia untuk tidak ingin kehilangan banyak momen. Patrick melihat, ada banyak orang yang ingin terlihat paling gaul dan update. Mereka berusaha untuk tidak ketinggalan berita apapun yang sedang ramai diperbincangkan.

Belakangan istilah ini banyak digunakan, dan Rachel Vennya menjadi salah satu yang ditunding FOMO. Ini terjadi usai selebgram tersebut memposting kehebohannya saat nonton konser BLACKPINK di Jakarta pada akhir pekan kemarin.

Bahkan, karena masalah tersebut, FOMO juga menjadi trending di Twitter. Tapi kira-kira benarkah Rachel Vennya adalah salah satu FOMO?

Yuk, kenali berbagai gejala masalah gangguan mental yang satu ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala FOMO yang Perlu Kamu Ketahui

Gejala FOMO yang Perlu Kamu Waspadai

1. Terobsesi Media Sosial

Memeriksa media sosial secara obsesif untuk melihat apa yang dilakukan orang lain.

2. Membandingkan Kehidupannya dengan Kehidupan Orang di Media Sosial

Sering mengalami perasaan negatif saat membandingkan kehidupan seseorang dengan apa yang tampaknya dilakukan orang lain di media sosial.

3. Lelah Secara Mental

Merasa lelah secara mental dari media sosial.

Selain itu, menurut psikologi dan profesor di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Oklahoma, Erin Vogel, Ph.D, ada beberapa gejala FOMO lainnya. Berikut adalah gejala-gejala lainnya, seperti dikutip dari Forbes:

  • Overscheduling (mencoba untuk berada di mana-mana setiap saat)
  • Menarik diri dari orang lain
  • Merasa lelah secara fisik
  • Merasa sedih, cemas atau tertekan
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mengalami kesulitan tidur

Itulah FOMO dan gejala-gejala yang ditimbulkan dari masalah kesehatan mental yang satu ini. Pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.