Sukses

Toko Tani Modern Pertama Hadir di DIY, Ini Keunggulannya

Peran toko tani sangat vital dalam ekosistem pertanian, seperti pupuk yang berkualitas, pestisida akan memberikan hasil yang maksimal bagi rantai pasok pangan

Liputan6.com, Yogyakarta - Arto Mart yang menjadi toko tani berkonsep modern pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibuka di Jalan Godean - Seyegan, Kasulan, Margodadi, Seyegan, Sleman, Rabu (8/3/2023). Arto Mart ini tidak hanya tempat untuk membeli benih, pupuk, dan produksi tani lainnya sebab para petani juga dapat mendapat fasilitas penunjang lainnya guna meningkatkan produktivitas dan kreativitas petani.

Pembukaan Arto Mart co Manage with CROWDE secara simbolis dilakukan oleh Direktur Utama PT CROWDE Membangun Bangsa, Yohanes Sugihtononugroho; Manager Arto Mart, Bima Christianto, dan Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia, Dennis Pratistha, serta dihadiri sejumlah pejabat di Kapanewon Seyegan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT CROWDE Membangun Bangsa, Yohanes Sugihtononugroho  menungkapkan CROWDE merupakan perusahaan pertanian digital yang bertujuan memberikan akses ke petani. Akses tersebut berupa suport pendanaan dan akses pasar, pendampingan hingga akses sarana produksi petani.

“Di saat ini kami menemukan partner untuk bisa support petani di daerah Seyegan dan sekitarnya, yang bersedia berintegrasi dan kolaborasi secara maksimal, bisa terlihat bagaimana dedikasi Arto Mart untuk bisa support dan memberikan yang terbaik bagi petani,” ujarnya.

Ia juga mempercayai peran toko tani sangat vital dalam ekosistem pertanian, seperti pupuk yang berkualitas, pestisida akan memberikan hasil yang maksimal bagi rantai pasok pangan di daerah Seyegan hingga Jawa Tengah.

Sementara Manager Arto Mart, Bima Christianto bercerita ide mendirikan toko pertanian modern ini berawal dari beberapa teman yang punya pengalaman membeli pupuk untuk kebutuhan pertanian mereka

“Menyadari adanya gap kebutuhan dengan suplai, akhirnya muncul ide membuat bisnis retail pertanian modern,” ucapnya.

Seiring perjalanan waktu, ia akan berusaha terus meningkatkan suplai dan kualitas pelayanan serta berkolaborasi dengan berbagai pihak yang fokus terhadap pertanian.

Ia berharap dari kolaborasi dengan berbagai pihak bisa meningkatkan stabilitas ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan petani. Selain itu, Arto Mart diharapkan bisa tumbuh dan berkembang sehingga meningkatkan kesejehteraan petani di Indonesia.

Lurah Margodadi, Djalmo Susilodiprodjo menyambut baik dibukanya Arto Mart. Sekarang ini banyak muncul toko modern di wilayah tersebut namun satu-satunya toko tani modern adalah Arto Mart.

“Mudah-mudahan Arto Mart bisa menyediakan kebutuhan-kebutuhan petani di wilayah Seyegan dan sekitarnya,” tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.