Sukses

Santri Dukung Ganjar Blusukan, Borong UMKM sampai Safari Pesantren

Liputan6.com, Jakarta - Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), blusukan ke Kampung Pengok, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta pada Sabtu (24/12/2022). Para Santri Dukung Ganjar DIY itu terdiri dari ratusan santri dan alumni santri dari sejumlah pesantren.

Blusukan bertujuan menyosialisasikan program-program relawan Santri Dukung Ganjar DIY dalam membantu masyarakat, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar para santri, juga dengan tokoh-tokoh agama.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar DIY, Ijtihadul Umam memaparkan 5 program utama Santri Dukung Ganjar, yakni Borong UMKM untuk membantu melariskan dagangan pelaku usaha kecil, Jumat Berkah Berbagi, Safari Pondok Pesantren, Silaturahmi Majelis Taklim dan Safari Tokoh Agama, khususnya yang berada di Kota Pelajar itu.

"Ini adalah ikhtiar kita setelah setiap hari kita melakukan beberapa kegiatan dan agenda harian. Contohnya safari pondok pesantren, bantu UMKM, kemudian silaturahmi dengan majelis taklim, lalu Jumat Berkah Berbagi dan juga safari tokoh yang ada di Yogyakarta," kata Umam, Sabtu (24/12/202).

Program-program yang dijalankan para santri tersebut dilakukan secara berkelanjutan dalam agenda rutin kegiatan Santri Dukung Ganjar DIY dan dilakukan di seluruh 4 kabupaten dan 1 kota Provinsi DIY, yakni Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Tak hanya itu, Santri Dukung Ganjar DIY juga rutin menggelar kegiatan tematik untuk menutup rangkaian program yang telah berjalan. Contohnya, kegiatan Gema Selawat dan Doa Bersama untuk Kemaslahatan Bangsa, sekaligus menyuarakan Ganjar Pranowo Presiden 2024 seperti tema kegiatan di Kampung Pongok yang berlangsung pada malam hari itu.

Dari rentetan program dan kegiatan yang diselenggarakan relawan Santri Dukung Ganjar DIY itu, Umam mengharapkan para santri bisa semakin menyatu dengan masyarakat. Hal itu juga menjadi bukti nyata bentuk kepedulian santri kepada masyarakat.

"Dari program-program kita itu, selalu kita akhiri dengan mengadakan Gema Selawat dan Doa Bersama, terkhusus untuk Bapak Ganjar Pranowo Presiden di 2024," ucap Umam.

"Kita para relawan Santri Dukung Ganjar mengharapkan santri-santri semakin dikenal dan menyatu dengan masyarakat, kemudian ini juga sebagai bukti nyata kepedulian santri kepada masyarakat luas," sambung Umam.

Arifin, salah satu santri yang mengikuti kegiatan Santri Dukung Ganjar DIY di Kampung Pongok, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, mengapresiasi blusukan relawan Santri Dukung Ganjar DIY untuk memperkenalkan secara langsung program mereka ke warga.

Ia menyebutkan, masyarakat pun turut menyambut baik dan mengikuti acara tersebut dengan penuh antusias. Terlebih, program-program yang dicetuskan Santri Dukung Ganjar itu sendiri dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Alhamdulillah kegiatan Santri Dukung Ganjar ini positif sekali ya dan seru juga. Sekaligus ini juga kesempatan untuk masyarakat bisa saling bersilaturahmi dengan para santri. Pokoknya bagus sekali kegiatan semacam ini, masyarakat juga menyambutnya dengan antusias dan juga warga bisa mengenal Pak Ganjar lebih dalam lagi," ungkap Arifin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS