Sukses

Top 3 Islami: Jadwal, Niat dan Tata Cara 3 Puasa Sunnah jelang Idul Adha, Gus Baha Bagikan Amalan agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Ulasan mengenai jadwal hingga bacaan niat puasa Dzulhijjah dan lainnya itu menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (4/5/2024). Artikel kedua terpopuler yaitu amalan Rasulullah supaya tak mudah terserang penyakit dibagikan Gus Baha

Liputan6.com, Jakarta - Dzulhijjah merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam. Bulan Dzulhijjah lebih spesial karena di dalamnya terdapat dua momen istimewa yang hanya bisa dilakukan di bulan ini, yakni ibadah haji dan Idul Adha atau Idul Qurban.

Pada bulan Dzulhijjah juga terdapat amalan-amalan sunnah muakadah. Di antaranya, puasa sunnah, semisal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan puasa Arafah.

Ulasan mengenai jadwal hingga bacaan niat puasa Dzulhijjah dan lainnya itu menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (4/5/2024).

Artikel kedua terpopuler yaitu amalan Rasulullah supaya tak mudah terserang penyakit dibagikan Gus Baha.

Sementara, artikel ketiga yang menuai perhatian adalah keutamaan-keutamaan sholat Fajar.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 3 Puasa Sunnah Jelang Idul Adha 2024, Lengkap dengan Jadwal dan Bacaan Niatnya

Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Dalam bulan ini terdapat ibadah penyempurna agama yaitu ibadah haji ke baitullah. 

Menjelang Hari Raya Idul Adha pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang mulia untuk mengerjakan amal shaleh dengan berpuasa.

Disebutkan dalam sebuah hadis yang berasal dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, 

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Artinya: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).   

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah 3 macam puasa sunnah jelang Hari Raya Idul Adha 2024, lengkap dengan jadwal dan bacaan niatnya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Gus Baha Berikan Ijazah agar Tidak Mudah Terserang Penyakit ala Rasulullah SAW

Jika sering sering sakit, sebaiknya perhatikan apa yang diungkapkan ulama alim alamah ini. Ada penjelasan yang menarik dari KH AHmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha tentang amalan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Gus Bahamengatakan bahwa dalam ajaran Islam, termasuk dalam mengatasi masalah penyakit, terdapat petunjuk yang jelas.

Dalam kajiannya, yang diunggah Youtube short @KRAJANtvOfficial, ulama asal Rembang, Jawa Tengah, ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada umatnya berbagai amalan untuk tetap sehat, bahkan sebelum adanya penyakit.

Salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah SAW adalah mencuci tangan setiap kali bangun tidur, sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah hadis sahih.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Syafaat di Hari Kiamat, Ini 5 Keutamaan Sholat Fajar

Di antara waktu terbaik untuk beribadah dan meraih keberkahannya adalah waktu sebelum subuh. Pada waktu ini kita dapat memulai dengan amalan berupa sholat sunnah fajar atau qobliyah subuh.

Sholat fajar dapat dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Ibadah ini mempunyai banyak keutamaan sehingga dapat menjadi salah satu amalan rutin harian. Sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim).

Kebaikan yang didapatkan tentunya akan menjadikan diri semakin disiplin dalam melaksanakan sholat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah 5 keutamaan sholat fajar atau qobliyah subuh.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.