Sukses

Bilang Setan Musuh Allah Itu Salah Kata Gus Baha, Ini Alasannya

Menurut Gus baha ulama akan sangat tersinggung ketika ada pernyataan bahwa setan itu musuhnya Allah. kenapa?

Liputan6.com, Cilacap - Ulama kondang asal Rembang yang populer dengan penampilan yang serba sederhana, KH Ahmad Bahauddin (Gus Baha) mengatakan bahwa pernyataan setan musuh Allah itu salah.

Alumnus Ponpes Al-Anwar Sarang asuhan KH Maemoen Zubeir atau Mbah Moen mengatakan hal ini bukannya tanpa dasar. Ia menyandarkan pendapatnya berdasarkan keterangan para ulama.

Gus Baha memang tersohor memiliki keluasan pengetahuan. Ulasan-ulasan seputar hal-hal yang baru yang jarang diungkap ulama-ulama lain kerap mengemuka dalam beberapa kesempatan ceramahnya.

Demikian halnya cara menyampaikan materi dengan kemasan yang apik. Dengan balutan dalil logika yang mudah dicerna dan humor-numor ringan membuat materi-materi ceramahnya sangat bekualitas.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Musuh Allah Sebab Tidak Seimbang

Menurut Gus baha ulama akan sangat tersinggung ketika ada pernyataan bahwa setan itu musuhnya Allah. Sebab, hal ini tidak seimbang. Allah Sang Pencipta, sementara setan itu makhluk Allah.

“Makanya ada ulama kalau ada yang bilang setan itu musuhnya Allah, dia sangat tersinggung,” terang Gus Baha sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube @Pati_Unus, Sabtu (11/05/2024).

“Setan kok musuhnya Allah, itu otak macam apa yang bilang begitu,” sambungnya

“Jelas tidak level setan itu yang diciptakan Allah, kalau musuhnya Allah tidak level,” tandasnya.

Pernyataan yang benar itu setan adalam musuh bagi manusia. Sebab ini bukan hanya beberapa ulama yang tersinggung, tapi banyak ulama kata Gus Baha.

“Setan itu musuhmu (manusia), itu baru seimbang, tapi bukan musuhnya Allah,” terangnya

“Banyak ulama yang tersinggung kalau setan itu dianggap musuhnya Allah,” sambungnya.

“Musuhmu ya, tapi bukan musuhnya Allah karena jelas tidak seimbang,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Cara Ampuh Lawan Setan

KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menyampaikan bahwa ada cara ampuh dalam melawan setan. di antaranya adalah dengan patuh dan taat kepda Allah swt.

“Cara melawan setan adalah dengan taat kepada Allah,” jelas Gus Baha dalam video yang diakses oleh NU Online pada Sabtu (11/05/2024) di kanal YouTube Santri Gayeng via NU Online.

“Kamu mau bersujud dan shalat itu otomatis memposisikan setan sebagai musuh. Sebab setan melarang shalat dan bersujud,” imbuhnya dalam video berjudul Gus Baha: Melawan Tipu Daya Setan ini.

Menurut salah satu Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 ini, sebenarnya setan itu adalah makhluk Allah yang penakut.

“Jadi setan itu penakut. Dia tidak ingin masuk neraka sendiri, makanya mencari teman. Jangan mau diajak setan! Pokoknya jika kalian bersujud atau mengaji Jalalain, itu berarti tidak mau,” ungkap Gus Baha’ disambut tawa jamaah.

“Tidak ada makhluk Allah yang takut kepada Allah melebihi takutnya setan. Karena setan tahu betul kekuatan Allah. Dia tahu betul surga dan neraka itu apa,” tambah Gus Baha.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.