Sukses

2 Menu Buka Puasa Favorit Rasulullah, Dijamin Lezat Menyehatkan

Ini 2 menu buka puasa yang jadi favorit Rasulullah Muhammad SAW, dijamin enak dan menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dipersiapkan menjelang masuk waktu buka puasa. Misalnya menyiapkan masakan di rumah hingga berburu takjil ke pasar.

Rancangan menu buka puasa tampaknya sudah mulai terbayang mulai dari siang selepas azan dzuhur. Pikiran kita langsung melayang membayangkan manisnya kolak, segarnya es buah serta nikmatnya gorengan ditambah saus sambal. 

Makanan dan minuman tersebut biasanya menjadi menu pilihan utama masyarakat Indonesia dan juga terhidang dalam berbagai acara makan buka bersama.

Tapi apakah kamu tahu, apa saja menu berbuka yang menjadi favorit Rasulullah sekaligus termasuk salah satu amalan bagi beliau?

Selain lezat, menu favorit Rasulullah ini bisa menjadi resep praktis nan lezat menyehatkan. Berikut ulasannya merangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurma dan Air Putih

Dalam hadis riwayat At-Tirmidzi dikatakan bahwa:

Artinya: "Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci," (HR At-Tirmidzi).

Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad, yaitu kurma dan air putih. Dua menu ini biasa dikonsumsi Rasulullah saat berbuka puasa.

Rupanya, dua menu ini punya manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kurma yang memiliki rasa manis dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian.

Selain itu, kurma juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan seperti dapat melembutkan kulit, mengobati kulit sensitif, hingga mencerahkan kulit.

Sedangkan air putih, Rasulullah SAW mengatakan bahwa air putih merupakan menu yang suci, bersih, dan sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.