Sukses

Klub Liga Inggris Luton Town Gelar Acara Buka Bersama buat Umat Muslim di Kenilworth Road

Klub Liga Inggris Luton Town turut memeriahkan jalannya bulan suci Ramadhan 2024 dengan menggelar acara buka bersama di markas mereka di Kenilworth Road.

Liputan6.com, Jakarta - Klub Liga Inggris Luton Town turut memeriahkan jalannya bulan suci Ramadhan 2024 dengan menggelar acara buka bersama di markas mereka di Kenilworth Road.

Laporan BBC pada Selasa (26/3/2024) mengungkap The Hatters mengundang umat Muslim dari Masjid Madinah yang letaknya tak jauh dari kandang Luton Town untuk hadir dan berbuka puasa bersama.

Manajer Luton Town Rob Edwards pun menyambut positif acara bukber yang digelar di Kenilworth Road. Dia mengapresiasi tinggi komunitas Muslim dan mengaku mendapat semangat setelah melihat dukungan mereka kepada The Hatters yang mendapat promosi ke Premier League, Mei lalu.

"Kami adalah kota yang sangat beragam. Melihat semua orang bisa berkumpul pada saat itu (di acara buka bersama) terasa sungguh istimewa dan akan selalu saya ingat," ucap Edwards seperti dilansir dari BBC.

"Menyaksikan seberapa besar hal itu (bukber Ramadhan 2024 di Kenilworth Road) berarti buat komunitas lokal kami, juga membuat kami benar-benar tersadar," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rangkaian Acara Bukber di Kenilworth Road

Tak hanya menyajikan hidangan untuk buka bersama bagi umat Muslim, Luton Town turut menyuguhkan berbagai kegiatan lain selama acara, mulai dari pembacaan Al-Quran hingga kuis Trivia.

Tak ketinggalan, manajer The Hatters Rob Edwards juga sempat naik ke panggung bersama CEO klub Gary Sweet untuk membahas sejarah Luton Town.

Jemaah Masjid Madinah Maqsood Anwar pun menyambut positif gelaran buka bersama oleh Luton Town di Kenilworth Road. Menurut dia, acara itu bermanfaat untuk menyatukan masyarakat sekaligus mendekatkan komunitas di kawasan tersebut.

"Sangat penting bagi kita untuk menyatukan komunitas dan membuat mereka tahu soal buka puasa serta belajar tentang Islam karena itu dapat membangun kohesi dalam masyarakat. Sepak bola mendekatkan kita semua," ucapnya, sebagaimana dikutip dari BBC.

3 dari 3 halaman

Klub Divisi Championship Juga Gelar Bukber

Sebelumnya, klub Inggris yang berkompetisi di divisi Championship, West Bromwich Albion juga sempat menggelar acara buka bersama di markasnya.

Laporan BBC yang dilansir Liputan6.com Selasa (26/3/2024) mengungkap sebanyak lebih dari 300 orang hadir dalam acara bukber di The Hawthorns pada Jumat (22/3/2024) malam waktu setempat.

Adapun gelaran ini diinisiasi oleh badan amal Ramadan bernama Tent Project. Markas West Bromwich Albion menjadi satu dari 25 tempat diselenggarakannya acara di seluruh Inggris, dengan gelaran pertama mengambil lokasi di Villa Park, Birmingham pada 12 Maret lalu.

Azan juga sempat dikumandangkan di pinggir lapangan stadion untuk menandai berakhirnya puasa pada Jumat (22/3/2024), sebelum kegiatan dilanjutkan dengan ibadah dan makan bersama di dalam ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.