Sukses

Polri Siapkan Ribuan Pos Pengamanan dan Pelayanan Saat Mudik Lebaran 2024

Sigit menjelaskan bahwa puluhan ribu posko ini disiapkan untuk mengawal pemudik yang diprediksi akan meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Polri telah menyiapkan sebanyak 5.784 pos pengamanan dan pelayanan yang akan disebar di seluruh Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024. Pos-pos ini akan mengawal para pemudik yang akan bepergian ke luar kota.

Pengumuman ini disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo setelah Rapat Koordinasi (rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Senin (25/3/2024).

Sigit menjelaskan bahwa puluhan ribu posko ini disiapkan untuk mengawal pemudik yang diprediksi akan meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Operasi Ketupat 2024 akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 16 April dengan melibatkan ratusan ribu personel gabungan.

"Pak Menko PMK telah menginformasikan bahwa jumlah pemudik tahun ini diperkirakan akan meningkat sekitar 56% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan strategi terkait rekayasa lalu lintas untuk menghadapinya," ujar Sigit.

"Ia juga menyampaikan bahwa pengerahan personel yang cukup besar akan dilakukan, dengan total sekitar 155.165 personel yang terlibat, termasuk 68.969 personel dari stakeholder terkait," tambahnya.

Dengan data ini, Sigit menegaskan bahwa Polri, bersama dengan semua stakeholder terkait, telah menyiapkan strategi untuk memastikan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Salah satu strategi yang disiapkan adalah rekayasa lalu lintas.

"Untuk mudik tahun ini, kami telah menyiapkan strategi terkait rekayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan, termasuk survei sebelumnya di jalur-jalur utama dari Banten hingga Jawa Timur," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketahui Titik yang Pelu Diperbaiki

"Survei ini bertujuan untuk mengetahui titik-titik yang perlu diperbaiki, seperti kerusakan jalan atau penambahan tanda atau marka jalan. Kami juga akan memperhatikan wilayah-wilayah yang sering menjadi lokasi kecelakaan," tambahnya.

Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan mudik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pemudik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini