Sukses

TC Timnas Indonesia U-20 Digelar saat Ramadhan, Pelatih Indra Sjafri Beri Petuah soal Puasa

Timnas Indonesia U-20 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) jelang laga uji coba internasional melawan China pada 22 dan 25 Maret mendatang. Pemusatan latihan digelar di bulan Ramadhan, sehingga pelatih Indra Sjafri turut bicara mengenai ibadah puasa para pemain.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 tengah menjalani pemusatan latihan jelang melakoni duel uji coba internasional melawan China pada 22 dan 25 Maret 2024. Pelatih Indra Sjafri sebelumnya telah memanggil 37 nama untuk memperkuat skuad racikannya dalam perhelatan kali ini.

Seperti diketahui, Garuda Muda memang sedang digenjot lantaran bakal diterjunkan ke berbagai ajang dalam waktu dekat. Pasukan Indra Sjafri direncanakan ambil bagian dalam Piala AFF U-19 pertengahan tahun 2024.

Timnas Indonesia U-20 juga akan tampil di panggung yang lebih signifikan yakni Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Skuad muda Merah Putih pun ditargetkan bisa tembus ke Piala Dunia U-20 2025, setelah sebelumnya gagal tampil dalam perhelatan FIFA U-20 World Cup 2023.

Guna menyambut rentetan ajang ini, Indra Sjafri dan timnya mulai menggembleng persiapan Timnas Indonesia U-20 sejak jauh-jauh hari. Pemusatan latihan digelar di Jakarta mulai 13 Maret lalu dengan mendatangkan sejumlah penggawa pilihan, termasuk 5 pemain yang tengah berkarier di luar negeri.

Sayangnya, ada sedikit tantangan yang dihadapi Timnas Indonesia sepanjang periode TC di Jakarta. Mayoritas pemain harus siap diasah fisik dan latihannya meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petuah Indra Sjafri soal Puasa

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri pun memberi petuah kepada anak-anak asuhnya di tengah situasi ini. Juru taktik berusia 61 tahun menilai tidak ada alasan bagi para pemain tampil kurang maksimal terlepas dari kewajiban mereka di bulan Ramadhan.

"Tidak ada masalah dengan puasa. Puasa ini kan aturan dari Tuhan. Tidak mungkin Tuhan salah bikin aturan," ucap Indra Sjafri saat sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan B Kompleks GBK, Jumat (15/3/2024) lalu.

"Ini (ibadah puasa) sudah ada bertahun-tahun, puasa lebih dulu daripada sepak bola. Jadi saya pikir tinggal pandai-pandai pelatih bagaimana mengatur intensitas (saat latihan)," sambung juru taktik yang mengantar Indonesia menyabet medali emas sepak bola SEA Games 2023 itu.

3 dari 3 halaman

Ada Penyesuaian dan Kelonggaran

Lebih lanjut, Indra Sjafri juga menyinggung adanya potensi penyesuaian dan kelonggaran apabila anak-anak asuhnya benar-benar sulit berpuasa selama menjalani TC bersama Timnas Indonesia U-20.

Para pemain bisa mengganti puasa di kemudian hari, mengingat sang pelatih menyadari penggawa Garuda Muda memang perlu menjaga kondisi fisik utamanya saat hari pertandingan.

"Bagi para pemain yang tidak sanggup berpuasa, dia bisa mengganti di kemudian hari. Agama kita kan sangat mudah, sangat mempermudah kita dalam menjalankan ibadah," kata Indra Sjafri.

"Untuk latihan, berpuasa mungkin masih bisa (dijalankan oleh para pemain Timnas Indonesia U-20). Akan tetapi untuk pertandingan, alangkah baiknya tidak," sambung juru taktik skuad Garuda Muda.

Sekadar informasi, pelatih Indra Sjafri juga telah mengatur jadwal latihan bagi Timnas Indonesia sepanjang mengikuti TC di bulan Ramadhan. Para pemain mendapat jatah latihan dua kali sehari pada sore dan malam, yakni pukul 16.00 WIB serta 20.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.