Sukses

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi, Kiamat Sudah Dekat Dekat?

Tak ada satupun makhluk yang tahu kapan terjadinya kiamat, termasuk Rasulullah SAW. Namun, Allah SWT telah memberikan petunjuk mengenai tanda kiamat makin dekat

Liputan6.com, Jakarta - Rasulullah SAW cukup banyak menjelaskan tentang tanda-tanda kiamat. Semakin banyak pertanda itu terjadi, maka hari akhir makin dekat.

Sementara, kapan waktu pasti terjadinya kiamat kubra hanya diketahui oleh Allah SWT. Yang pasti, kiamat adalah keniscayaan dan pasti akan terjadi.  

"Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (Q.S. Al-Hajj: 7).

Terkait kapan waktu pasti terjadinya hari kiamat, dijelaskan dalam surah Al-A'raf 187, yang artinya:

"Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, ‘Kapan terjadi?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’" (Q.S. Al-A'raf: 187).

Namun begitu, ada sejumlah tanda kiamat yang sudah terjadi. Berikut ini adalah delapan di antaranya, melansir rumahzakat.org.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

1. Kematian

Salah satu tanda kiamat kecil yang telah terjadi adalah kematian. Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, termasuk juga manusia. "Bila salah seorang mati maka sesungguhnya kiamatnya telah tiba." (H.R. Dailami).

2. Wafatnya Rasulullah SAW

Tanda kiamat yang sudah terjadi lainnya adalah wafatnya Rasulullah saw. Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, salah satu tanda kiamat adalah wafatnya Rasulullah saw.

3. Bulan yang Terbelah

Di zaman Rasulullah saw. pernah terjadi fenomena yang mengagetkan, yakni bulan yang terbelah. Rasulullah saw. yang membelah bulan sebagai bukti mukjizat sebagai nabi. "Telah dekat (datangnya) saat (Kiamat) itu, dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, '(Ini adalah) sihir yang terus-menerus.'" (Q.S. Al Qamar :1-2).

4. Munculnya Nabi-Nabi Palsu

Nabi palsu ini banyak muncul di masa kepemimpinan Abu Bakar. Dan Rasul saw. telah memprediksi perihal nabi palsu ini. "Akan ada pada umatku tiga puluh pendusta, semuanya mengaku sebagai nabi." (H.R. Abu Dawud).

 

3 dari 4 halaman

5. Tanah Arab Menjadi Hijau

Salah satu tanda kiamat kecil lainnya adalah tanah Arab yang dikenal tandus, gersang, dan berupa gurun pasir yang panas akan berubah menjadi hijau. Dan fenomena ini telah terjadi di masa kini. "Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai." (H.R. Muslim).

6. Baitul Maqdis Ditaklukan

Peristiwa ini terjadi di masa Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 16 Hijriah. “Hitunglah enam (tanda) menjelang kiamat, yaitu kematianku, penaklukan Baitul Maqdis …” (H.R. Bukhari).

7. Pertikaian antara Ali bin Abi Thalib r.a. dengan Muawiyah

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga dua kelompok besar saling berperang dan karenanya banyak terbunuh, padahal dakwah mereka sama.” (H.R. Bukhari dan Muslim).   

8. Munculnya Api dari Hijaz

Tanda kiamat kecil lainnya yang telah terjadi adalah kemunculan api yang sangat besar dari Hijaz atau yang dikenal dengan Madinah. Cahaya api itu bahkan bisa terlihat hingga Kota Busra yang berada di Syam atau di masa kini dikenal sebagai Suriah.

Api itu muncul di suatu lembah yang panjangnya sekitar 4 farsakh atau 4 mil dan menyala sampai satu bulan lamanya. Fenomena ini terjadi pada tahun 654 Hijriah. Akibat fenomena ini seorang pengendara unta bisa terus melakukan perjalanan meski pada malam hari saking terangnya api itu.

“Hari kiamat tidak akan tiba sampai ada api yang keluar dari tanah Hijaz, sehingga leher unta yang di Busra bisa terlihat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

4 dari 4 halaman

Tanda Kiamat Lain yang Sudah Terjadi dan Belum Terjadi

Selain tanda-tanda di atas, masih banyak tanda-tanda kiamat kecil yang telah terjadi. Misalnya seperti: banyaknya fitnah, maraknya pembunuhan, umat Islam bermegah-megah membangun masjid, banyak manusia yang berlomba membangun gedung pencakar langit, orang-orang munafik akan berkuasa, homoseksual dan lesbian menyebar luas, orang-orang memutus silaturahmi, dan lain sebagainya.

Namun begitu, ada beberapa tanda kiamat yang pasti lainnya dan disebut dalam hadis sahih. Misalanya, munculnya Dajjal, terbitnya matahari dari barat, Ya'juj dan Ma'juj dan lain sebagainya yang kini belum terjadi.

Kembali ke pertanyaan di awal, apakah kiamat sudah dekat? Hanya Allah SWT yang tahu. Manusia hanya sebatas melihat dan berusaha belajar melalui nash-nashnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.