Sukses

3 Tanda Kiamat yang Jarang Diketahui dan Dibicarakan, Sudah Terjadikah?

Tanda akan terjadinya kiamat telah banyak disebutkan dalam Al-Qur'an maupun hadis. Namun demikian, ternyata ada pertanda lain yang tercantum dalam hadis namun jarang diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Kiamat merupakan rahasia sang Ilahi. Mengenai kapan terjadinya kiamat tak ada satupun yang mengetahui bahkan malaikat dan nabi sekalipun.

Namun tanda-tanda tersebut telah banyak disebutkan dalam Al-Qur'an maupun hadis. Pada hari kiamat dunia digambarkan dalam keadaan porak-poranda, dan gunung-gunung berterbangan layaknya kapas yang tertiup angin.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim tugas kita saat ini adalah bagaimana mempersiapkan bekal akhirat dengan sebaik mungkin, melaui ketaatan dan keimanan kepada-Nya.

Selain itu, kita juga dapat melihat dan memahami akan datangnya kiamat tersebut. Ada banyak tanda kiamat yang mungkin sudah diketahui.

Di antara tanda-tanda tersebut, seperti munculnya hewan yang dapat berbicara, keluarnya Ya'juj Ma'juj, Dajjal, matahari terbit dari barat, dan pertanda lain yang justru tidak banyak diketahui oleh manusia.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Kiamat yang Jarang Diketahui

Dikutip dari laman laduni.id, di antara tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah mengucapkan salam hanya kepada orang yang dikenal saja. Sebagaimana yang tercantum dalam hadis berikut:

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُسَلِّمَ الرَّجُلُ عَلَى الرَّجُلِ لَا يُسَلِّمُ عَلَيْهِ إِلَّا لِلْمَعْرِفَةِ

Artinya: “Sesungguhnya di antara tanda tanda kiamat adalah seseorang mengucapkan salam kepada lainnya, dia mengucapkan salam kepadanya hanya dengan sebab kenal” (HR. Ahmad).

Selain itu, ada pula tanda-tanda kiamat lain yang jarang diketahui dan dibicarakan banyak orang yaitu:

  • Kiamat tidak akan terjadi selama masih ada orang yang menyebut “Allah Allah”
  • Kiamat tidak akan terjadi sehingga manusia telah membangga-banggakan masjidnya. Dan masih banyak lagi. Wallahu A'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.