Sukses

Urutan 10 Tanda Kiamat Menurut Nubuwah Rasulullah, Sudah Siapkah Anda?

Kiamat merupakan suatu kepastian. Di antara tanda-tanda ini akan terjadi pada akhir zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Tanda-tanda kiamat sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an maupun hadis. Umat Islam sudah seharusnya mengetahui tanda-tanda tersebut.

اَتٰىٓ اَمْرُ اللّٰهِ فَلَا تَسْتَعْجِلُوْهُ ۗسُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْن

Ketetapan Allah pasti datang, maka janganlah kamu meminta agar dipercepat (datang)nya. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (QS. An-Nahl : 1)

Tanda-tanda kiamat kecil akan muncul lebih dulu, kemudian dilanjutkan tanda kiamat besar yang akan terjadi di akhir zaman.

Seorang cendekiawan Muslim bernama Syaikh Imran Nazar Husein, asal Trinidad dan Tobago, menjelaskan terdapat 10 tanda kiamat besar yang akan muncul di akhir zaman dalam bukunya berjudul “Tanda-Tanda Hari Akhir pada Zaman Modern”, 

Tanda-tanda kiamat besar yang disebutkan oleh beliau ini disimpulkan berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang shahih. Berikut uraian selengkapnya mengutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kemunculan Dajjal

Dajjal akan muncul lagi pada akhir zaman dengan membawa fitnah yang besar. Syeikh Imran dalam buku "Yerusalem dalam Al-Quran-Pandangan Islam Mengenai Takdir Yerusalem" menjelaskan, ketika Israel menggantikan AS sebagai negara adikuasa, maka saat itulah Israel menguasai terusan Suez dan semua sumber minyak di Teluk Arab.

Ini adalah tahap ke tiga dari misi Dajjal, di mana ia akan muncul sebagai penguasa Israel dan akan menguasai dunia dari Yerussalem. Wallahu a’lam!

2. Dilepaskannya Ya’juj dan Ma’juj

Di dalam Al-Quran dijelaskan dalam Surat Al-Anbiya’ ayat 95 sampai 96. Al-Quran menyebutkan tentang sebuah kota yang dihancurkan Allah. Sementara penduduk kota itu diusir dan dilarang untuk kembali merebut kota mereka sampai Ya’juj dan Ma’juj menyebar ke segala penjuru dunia.

Syeikh Imran mengidentifikasi ‘kota’ yang dimaksud adalah Yerussalem yang sampai kini masih diperebutkan. Orang-orang Yahudi Israel telah kembali mengeklaim Yerussalem sebagai miliknya, maka Ya’juj Ma’juj dan Dajjal akan segera mendekat misi mereka. 

3. Adanya Kabut Asap

Syeikh Imran memaknai asap atau dukhan yang dimaksud sebagai tanda besar hari kiamat adalah polusi akibat pencemaran lingkungan yang mendatangkan malapetaka di bumi.

Ekonomi industri yang dirancang Dajjal tampaknya menjadi penyebab terbesar pencemaran lingkungan di dunia. Artinya, manusia telah ditipu untuk menyebabkan Dukhan yang pada akhirnya menyebabkan bencana iklim dan pemanasan global. Hanya Allah Yang Tahu!

3 dari 4 halaman

4. Munculnya Dabbatul Ard

Di akhir zaman akan muncul binatang buas bernama Dabbatul Ard. Syeikh Imran berargumen yang disebut binatang buas di akhir zaman ini adalah simbol dari negara Israel yang kejam menempati tanah suci Yerussalem. Syeikh Safar Al-Hawali berpendapat, ‘binatang buas’ yang dimaksud adalah gerakan zionis. 

5. Matahari Terbit dari Barat

Urutan tanda-tanda kiamat besar selanjutnya adalah matahari terbit dari arah barat. Namun demikian, Syeikh Imran Husein memaknai tanda ini sebagai simbol kehidupan manusia di zaman sekarang. Terbitnya matahari dari barat melambangkan dunia yang terbalik karena umat manusia dipimpin menuju jalan hidup yang sangat berlawanan dengan cara alami yang ditetapkan Allah. Dan dunia sekarang sepertinya mulai mengalami tanda-tanda kiamat besar yang satu ini.

6. Terjadi Tiga Gempa Bumi

Saat mendekati hari kiamat, akan terjadi tiga gempa dahsyat yang satu di Timur, yang satu di Barat dan yang satu di Arab.

7. Gempa Bumi Pertama di Timur

Gempa bumi besar yang berlokasi di Timur sudah terjadi dan mengakibatkan tsunasi hingga merenggut lebih dari 100 ribu jiwa melayang. Bisa jadi gempa ini adalah satu dari tiga gempa yang menandai kembalinya Nabi Isa.

Gempa ini terjadi setelah pembebasan Tanah Suci pada 1917 dan kembalinya orang-orang Yahudi untuk merebut kembali Tanah Suci ‘Yerussalem’ sebagai milik mereka (1918-1948).

4 dari 4 halaman

8. Gempa Bumi ke Dua di Barat

Saat gempa bumi besar terjadi di Barat, ini menginformasikan bahwa dunia sudah dekat dengan hari kiamat. Tampaknya Atlantik Tengah mungkin akan menjadi lokasi gempa besar di Barat yang akan datang. Jika ini terjadi, pulau-pulau di Karibia dan pantai timur AS dan Kanada serta Amerika Selatan akan terkena dampaknya.

9. Gempa Bumi ke Tiga di Arab

Berdasarkan riwayat hadits Nabi, gempa bumi besar di Arab akan terjadi pada saat kedatangan Imam Mahdi sebagai pemimpin umat akhir zaman. Namun Imam Mahdi tidak akan muncul untuk membebaskan Arab sampai Israel menjadi negara Adikuasa di dunia. 

10. Turunnya Nabi Isa, Putra Maryam

Peristiwa kembalinya Nabi Isa telah dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW secara terperinci. Gempa bumi besar ke tiga di Arab akan menjadi pertanda bahwa Nabi Isa akan turun ke bumi memimpin umat Islam di akhir zaman.

Nabi Isa turun bukan untuk menyempurnakan risalah Islam. Melainkan untuk memerangi Dajjal dan Ya’juj Ma’juj. Namun sebelum Nabi Isa turun, Imam Mahdi telah turun terlebih dahulu memimpin pasukan umat Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.