Sukses

Cerita Gus Iqdam Ruwat si Pemabuk, 'Gus Piye Carane Ben Aku Iso Mari?'

Gus Iqdam memang lekat dengan persoalan masyarakat, tak terkecuali pemabuk yang dtang ke pengajiannya, kali ini video Gus Iqdam viral lantaran potong rambut pria pemabuk, ini alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini viral potongan video Gus Iqdam memotong rambut seorang jemaah layaknya tukang potong rambut 'Asgar' atau asli Garut. Gus Iqdam lihai memainkan gunting dan sisir, ya lumayan luwes.

Pelan dan sabar, meski masih menggunakan setelan jas, sarung serta peci hitam ala Soekarno, seperti biasanya mengaji, Gus Iqdam memotong rambut seorang pria, bukan di tempat potong rambut khusus, melainkan di depan emperan toko.

Dengan bantuan lighting dari HP seorang anggota kepolisian, Gus Iqdam tampak hati-hati takut kliennya terpotong kulit telinganya. Kalau Gus Iqdam yang potong rambut, ahli potong rambut Asgar pun lewat.

Bukan hasilnya, tetapi yang menonton. Gus Iqdam memotong rambut yang nonton banyak sekali.

Ini ada apa, dai viral sampai potong rambut jemaahnya? Lantas siapa yang dipotong rambutnya ini?

Ternyata Gus Iqdam memotong rambut seorang pria yang memiliki kebiasan buruk di masyarakat, yaitu seorang pemabuk. Namanya Hopi, pemuda yang begitu akrab dengan miras.

Boleh jadi, apa yang dilakukan oleh Gus Iqdam ini adalah ruwat. Harapannya, setelah diruwat melalui potong rambut, kebiasaan buruknya itu turut terpotong dan hilang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimintai Saran Oleh Pemabuk Seperti Ini

Awal kisah dipotongnya rambut Hopi ini saat dirinya naik ke panggung pengajian dengan kondisi mabuk tuak.Dengan baik Gus Iqdam meneria dirinya, bahkan sampai berpelukan segala, bak teman lama yang bertahun-tahun berpisah.

Dalam kesempatan tersebut, Uniknya Hopi yang bertemu dalam kondisi mabuk itu justru meminta barokah, yang selanjutnya minta saran bagaimana agar bisa berhent dari kebiasaan buruk, mabuk-mabukan.

"Koe nginum opo ababmu kok mambu banget. Lagi mendem kok njaluk barokah," ujar Gus Iqdam menanggapi Hopi., seperti iunggah dalam unggahan TikTok @Batako Berkah.

"Gus piye carane ben aku iso mari ngene iki gus?" tanya Hopi. Ternyata pria ini ingin mengakhiri dan pisah dengan dunia alkoholnya.

3 dari 3 halaman

Pemabuk Itu Nurut Saja Dipotong Rambutnya Oleh Gus Iqdam

"Tenang, awakmu tak cukur gelem, panitia golekke gunting karo sisir aku dhewe sing nyukur, mari acara," kata Gus Iqdam.

Hopi menjawab, "Siap,"

Dalam obrolannya Hopi itu sangat cinta Gus Iqdam, ia buktikan dengan kaos yang dibawanya. Bagi Hopi cintanya kepada Gus Iqdam, disebabkan Gus Iqdam bisa merangkul semua masyarakat tanpa pandang bulu.

"Kowe tak cukur ngko, gen rodok rapi, jarang aku nyukur wong, anakku ae sing nyukur wong," kata Gus Iqdam.

Begitulah kisah Hopi sang pemabuk yang dipotong rambutnya oleh Gus Iqdam, Hopi ingin berhenti dari kebiasaan buruknya.

Gus Iqdam pun bersedia untuk membantu, dengan diawali potong rambut tersebut, agar Hopi lepas dari masa lalunya, dan menapaki hidup yang lebih baik lagi.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.