Sukses

Ibadah Mulai Kendor? Coba Amalkan Doa Berikut Ini

Adakalanya diri merasa sangat malas untuk beribadah. Tanpa disadari satu-persatu amalan mulai banyak yang ditinggalkan. Coba amalkan doa ini agar semangat beribadah kembali meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi keimanan dalam diri seseorang kadang naik dan turun. Adakalanya merasa sangat bersemangat untuk beribadah. Berbagai amalan dilaksanakan dengan sangat mudah dan tanpa halangan berarti.

Akan tetapi, terkadang dalam waktu yang tak lama kondisi itu berubah sebaliknya. Perasaan malas menghinggapi sehingga tidak tergerak untuk melaksanakan ibadah.

Rasulullah SAW telah mengingatkan umatnya agar senantiasa optimis dalam hidup. Artinya selalu memiliki capaian yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun kenyataannya, tidak sedikit justru mengalami sebaliknya. Semangat beribadah semakin menurun seiring berjalannya waktu.

Keberatan itu didasarkan pada segudang alasan. Yang jelas, hal tersebut dapat terjadi karena situasi batin yang memang tidak memiliki kecenderungan untuk beribadah.

Oleh sebab itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan dalam beribadah adalah dengan membaca doa. Mengutip dari laman NU Online, berikut merupakan bacaan doa agar hati senantiasa tergerak untuk beribadah. Semoga dapat diamalkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Agar Hati Tergerak Beribadah

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: "Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."   

Doa ini dapat dibaca setiap selesai sholat lima waktu. Dapat juga dibaca oleh orang tua untuk anaknya begitupun sebaliknya. Dengan demikian diharapkan ibadah dan kebaikan yang dilakukan setiap saat kian meningkat. Aamiin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.