Sukses

Niat Puasa Ayyamul Bidh Rajab 25, 26 dan 27 Januari 2024 Lengkap Keutamaanya

Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, dan 15 Rajab 1445 H bertepatan tanggal 25, 26, dan 27 Januari 2024. Puasa Ayyamul Bidh ini dapat dilakukan mulai besok Kamis hingga Sabtu.

Liputan6.com, Jakarta - Amalan populer yang dilakukan umat Islam di bulan Rajab adalah puasa. Menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, puasa di bulan Rajab sebaiknya dilakukan pada hari-hari utamanya berpuasa.

Salah satu waktu yang diutamakan berpuasa di bulan Rajab adalah Ayyamul Bidh. Ayyamul Bidh adalah puasa di hari-hari yang malamnya cerah, tepatnya pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan-bulan Hijriyah.

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, dan 15 Rajab 1445 H bertepatan tanggal 25, 26, dan 27 Januari 2024. Puasa Ayyamul Bidh ini dapat dilakukan mulai besok Kamis hingga Sabtu.

Sebagai panduan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh Rajab, berikut Liputan6.com kembali ulas niat dan keutamaan bagi yang mengamalkannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Rajab

Berikut ini lafal niat puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab 

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Demikian lafal niat puasa Ayyamul Bidh Rajab 1445 H yang bertepatan tanggal 25, 26, dan 27 Januari 2024 lengkap dengan keutamaannya. Semoga kita bisa mengamalkan salah satu ibadah sunnah ini. Aamiin. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.