Sukses

Puasa Ayyamul Bidh Rajab: Jadwal Januari 2024, Niat dan Keutamaannya

Pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh Rajab 1445 H bertepatan di hari-hari terakhir Januari 2024. Sebagai pengingat, berikut jadwal, niat, dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh bulan ini.

Liputan6.com, Bogor - Pada bulan Rajab umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal dan ibadah. Perbuataan taat yang dikerjakan di bulan Rajab (termasuk bulan haram lainnya) akan diganjar pahala lebih banyak dari biasanya.

Salah satu ibadah yang dianjurkan diamalkan pada bulan Rajab adalah puasa. Pelaksanaan puasa Rajab hanya beberapa hari saja, tidak boleh sampai satu bulan penuh.

Imam Al-Ghazali dalam Ihyâ ‘Ulumiddîn menjelaskan, sebaiknya puasa Rajab dilakukan bertepatan dengan hari-hari yang diutamakan puasa agar pahalanya lebih besar. Contohnya, puasa Rajab pada Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah, termasuk bulan Rajab. Dalil puasa Ayyamul Bidh ialah keterangan yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra. 

Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh Rajab 1445 H bertepatan di hari-hari terakhir Januari 2024. Sebagai pengingat, berikut jadwal, niat, dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh bulan ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rajab 2024

Berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh Rajab 1445 H/Januari 2024 M merujuk kalender Hijriyah Kementerian Agama Republik Indonesia.

  • Kamis, 25 Januari 2024 M/13 Rajab 1445 H 
  • Jumat, 26 Januari 2024 M/14 Rajab 1445 H 
  • Sabtu, 27 Januari 2024 M/15 Rajab 1445 H
3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut ini lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

 
4 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Demikian penjelasan jadwal puasa Ayyamul Bidh Rajab 1445 H di bulan Januari 2024 lengkap panduannya. Semoga pada waktunya kita bisa mengamalkan amalan sunnah ini. Aamiin. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.