Sukses

Top 3 Islami: Isabel Gadis Cantik Asal Turki yang Bikin Gelagapan Gus Iqdam, Kisah Kedekatan Rizal Ramli dengan Gus Dur dan NU

Momen bercakap bahasa Inggris dan Arab ini pula yang bikin kocak. Gus Iqdam sampai gelagapan dibuatnya. Kisah gadis Turki yang menghadiri pengajian Gus Iqdam menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com. Selanjutnya, ada pula kisah kedekatan Rizal Ramli dengan Gus Dur

Liputan6.com, Jakarta - Nama penceramah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam rupanya juga populer di kalangan ekspatriat, alias WNA. Baru-baru ini hadir seorang gadis cantik asal Turki di Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST).

Gadis Turki itu bernama Isabel. Dia sedikit tahu bahasa Indonesia dan Jawa karena tinggal di Surabaya.

Isabel mendengarkan pengajian Gus Iqdam dengan bantuan translet. Selain bahasa Turki dia menguasai bahasa Inggris dan Arab.

Momen bercakap bahasa Inggris dan Arab ini pula yang bikin kocak. Gus Iqdam sampai gelagapan dibuatnya.

Kisah gadis Turki yang menghadiri pengajian Gus Iqdam menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com.

Selanjutnya, ada pula kisah kedekatan Rizal Ramli dengan Gus Dur, pesantren dan NU. Diketahui, ekonom Rizal Ramli meninggal dunia Selasa malam (2/1/2024).

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gus Iqdam Semakin Mendunia, Pengajiannya Kedatangan Gadis Cantik Asal Turki

Pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam semakin mendunia. Pengajiannya kedatangan gadis cantik asal Turki. 

Pimpinan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah itu menyambut hangat tamu dari negeri Cappadocia yang hadir pada rutinan malam Selasa, Senin (1/1/2024).

Gadis cantik asal Turki ini namanya Isabel. Saat mendapat kesempatan berdialog, Gus Iqdam meminta Isabel didampingi orang lain sebagai penerjemah.

Sontak gadis cantik asal Turki itu berdiri dari tempat duduknya. Ia didampingi dengan seorang pria yang membantu menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia, pun sebaliknya dari Jawa atau Indonesia ke Inggris.

“Assalamu’alaikum, Gus Iqdam,” ucap gadis Turki itu seperti dilihat dari tayangan YouTube Gus Iqdam Official, Selasa (2/1/2024).

Gus Iqdam lantas memulai dialog dengan menanyakan asal jemaah itu menggunakan bahasa Inggris.

“What do you from?” tanya Gus Iqdam sambil disambut tawa jemaah.

“Turki,” jawabnya singkat.

“Asli dari Turki?” tanya pendakwah muda itu memastikan.

“Turki,” katanya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Momen Lucu Gus Iqdam Gelagapan Tanggapi Jemaah Cantik Asal Turki yang Mahir Bahasa Inggris dan Arab

Tak berlebihan jika Gus Iqdam saat ini telah mendunia dan boleh dibilang da'i bertaraf Internasional. Bagaimana tidak, jemaahnya bukan hanya lintas golongan dan agama saja, melainkan sudah lintas negara.

Hal ini terlihat dari jemaah-jemaah yang hadir di Majelis Ta’lim Sabilu Taubah atau populer dengan sebutan ST Pusat ini. Selain asli Indonesia, banyak juga yang berasal dari luar negeri.

Terlihat lewat tayangan yang tersebar melalui beberapa platform semisal TikTok, YouTube dan lainnya, pengajian Gus Iqdam ini pernah dihadiri jemaah asal Skotlandia, Amerika dan Malaysia.

Terbaru, pengajian Gus Iqdam di markas ST Nyell kehadiran jemaah wanita asal Turki yang sengaja datang karena penasaran ingin melihat langsung da’i asal Blitar ini. Kehadirannya ditemani seorang pria yang bertugas menerjemahkan ucapannya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Rizal Ramli Meninggal Dunia, Kisah Kedekatannya dengan Gus Dur, NU dan Pesantren

Kabar duka kini tengah menyelimuti tanah air. Pasalnya salah seorang pakar ekonomi Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa malam (2/1/2023). Rizal Ramli mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Kabar duka eks-Menko Ekuin ini banyak beredar di jagad maya melalui platform media sosial. Salah satunya ialah akun milik Mohamad Syafi’ Alielha atau Savic Ali.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiuun... Selamat jalan, Mas Rizal Ramli. Alfatihah...,” tulisnya dalam akun @savicali via NU Online, Selasa (2/1/2023) .

Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Menko Ekuin di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Selain itu, masih di era pemerintahan Gus Dur,  ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Bulog dan Menteri Keuangan. Selain itu ia merupakan salah satu tokoh nasional yang memiliki riwayat kedekatannya dengan NU dan pesantren.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.