Sukses

Gus Iqdam Semakin Mendunia, Pengajiannya Kedatangan Gadis Cantik Asal Turki

Pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam semakin mendunia. Pengajiannya kedatangan gadis cantik asal Turki.

Liputan6.com, Blitar - Pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam semakin mendunia. Pengajiannya kedatangan gadis cantik asal Turki

Pimpinan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah itu menyambut hangat tamu dari negeri Cappadocia yang hadir pada rutinan malam Selasa, Senin (1/1/2024) .

Gadis cantik asal Turki ini namanya Isabel. Saat mendapat kesempatan berdialog, Gus Iqdam meminta Isabel didampingi orang lain sebagai penerjemah.

Sontak gadis cantik asal Turki itu berdiri dari tempat duduknya. Ia didampingi dengan seorang pria yang membantu menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia, pun sebaliknya dari Jawa atau Indonesia ke Inggris.

“Assalamu’alaikum, Gus Iqdam,” ucap gadis Turki itu seperti dilihat dari tayangan YouTube Gus Iqdam Official, Selasa (2/1/2024).

Gus Iqdam lantas memulai dialog dengan menanyakan asal jemaah itu menggunakan bahasa Inggris.

What do you from?” tanya Gus Iqdam sambil disambut tawa jemaah.

Turki,” jawabnya singkat.

“Asli dari Turki?” tanya pendakwah muda itu memastikan.

“Turki,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Ikut Ngaji ke Gus Iqdam

Gus Iqdam melontarkan pertanyaan yang sering ia tanyakan kepada jemaah Sabilu Taubah saat dialog dengannya. Meski kali ini ia bingung lantaran jemaahnya bukan dari Indonesia, tapi dari negeri seberang nan jauh di sana.

“Ini bingung. Kenapa kok nyampe ke sini. Kenapa ini Isabel?” tanya Gus Iqdam penasaran.

Untuk pertanyaan ini, pria yang mendampinginya membantu menjawab. Ia mengatakan wanita asal Turki itu sudah dua tahun tinggal di Surabaya.

“Oh tinggal di Surabaya, sudah menikah dengan orang Surabaya?” tanya Gus Iqdam.

“Belum,” jawabnya.

Pria itu kemudian menyampaikan gadis cantik asal Turki tersebut tertarik hadir ke pengajian Sabilu Taubah setelah melihat ceramah-ceramah Gus Iqdam di media sosial.

“Lah, apa paham?” tanya Gus Iqdam. Gus Iqdam menanyakan ini karena ceramah-ceramahnya banyak menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia, bukan bahasa internasional.

“Paham, Gus. TikTok-nya pake translate, Gus,” jawabnya.

“Alhamdulillah, ini terima kasih untuk yang bantu translate. Semoga kontennya semakin manfaat dan barokah. Akhirnya orang Turki bisa mencerna. Padahal bahasa tingkat tinggi, berkelas,” ucap Gus Iqdam sambil berguyon.

3 dari 3 halaman

Gus Iqdam Number One

Setelah ditanya apa yang disukai dari pengajian Gus Iqdam, gadis cantik asal Turki itu mengungkapkan bahwa ia sering mendengar ceramah-ceramah ulama Indonesia.

I like to listen to ulama (Indonesia) Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Buya Yahya, and Das'ad Latif, Anwar Zahid, and Gus Iqdam number one,” ungkap muslimah Turki itu.

Suami Ning Nila itu melontarkan pertanyaan berikutnya, “Seneng bisa hadir di sini?”

Very very very so much happy,” ucapnya.

Kemudian Gus Iqdam memberikan beberapa bingkisan dan sejumlah uang rupiah, sebagaimana yang ia lakukan pada jemaah usai dialog dengannya.

Thank you so much Mr Gus Iqdam,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.