Sukses

Momen Lucu Gus Iqdam Gelagapan Tanggapi Jemaah Cantik Asal Turki yang Mahir Bahasa Inggris dan Arab

Terbaru, pengajian Gus Iqdam di markas ST Nyell kehadiran jemaah wanita asal Turki yang sengaja datang karena penasaran ingin melihat langsung da’i asal Blitar ini. Kehadirannya ditemani seorang pria.

Liputan6.com, Jakarta - Tak berlebihan jika Gus Iqdam saat ini telah mendunia dan boleh dibilang da'i bertaraf Internasional. Bagaimana tidak, jemaahnya bukan hanya lintas golongan dan agama saja, melainkan sudah lintas negara.

Hal ini terlihat dari jemaah-jemaah yang hadir di Majelis Ta’lim Sabilu Taubah atau populer dengan sebutan ST Pusat ini. Selain asli Indonesia, banyak juga yang berasal dari luar negeri.

Terlihat lewat tayangan yang tersebar melalui beberapa platform semisal TikTok, YouTube dan lainnya, pengajian Gus Iqdam ini pernah dihadiri jemaah asal Skotlandia, Amerika dan Malaysia.

Terbaru, pengajian Gus Iqdam di markas ST Nyell kehadiran jemaah wanita asal Turki yang sengaja datang karena penasaran ingin melihat langsung da’i asal Blitar ini. Kehadirannya ditemani seorang pria yang bertugas menerjemahkan ucapannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mahir Bahasa Inggris

Jemaah asal Turki ini mengawali percakapan dengan Gus-nya garangan ini dengan salam yang langsung dijawab oleh Gus Iqdam.

“Assalamualakim Gus Iqdam,” ucapnya dikutip dari tayangan YouTube Wong Sambi New, Selasa (02/01/2024).

“Wassalamualaikumsalam,” jawab Gus Iqdam.

Jemaah asal Turki ini rupanya mahir berbahasa Inggris. Dalam percakapan selanjutnya ia menggunakan bahasa Inggris. Rupanya hal ini yang membuat Gus Iqdam sedikit gelagapan.

Dengan bahasa Inggris sebisanya ia menimpali komentar jemaah ini yang sontak membuat ngakak jemaah yang lain. “What is your name,” kata Gus Iqdam tak menjawab komentar jemaah ini malah justru menanyakan namanya.

Ia menjawab kalau namanya adalah Isabel. Bukan hanya sebut nama saja, ia menjawab dengan kalimat panjang lebar dalam bahasa Inggris yang tentu saja tidak dimengerti Gus Iqdam. Momen ini yang kembali mengundang tawa.

3 dari 3 halaman

Gus Iqdam Gelagapan

Saking diliputi rasa penasaran dengan kehadiran jemaah yang berasal dari Eropa ini, Gus Iqdam menanyakan perihal alasannya hadir di rutinan pengajian di markas St Pusat ini.

“Kenapa bisa nyampai ke sini kenapa Isabel?” tanya suami Ning Nila.

Menjawab pertanyaan Gus Iqdam ini, Isabel menjawab dalam bahasa Inggris bahwa dirinya kini tinggal di Surabaya. Ia juga mengaku kalau mengenal da’i muda nyentrik berparas rupawan ini dari platform TikTok.

Tak henti-hentinya ia gunakan bahasa asing ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Gus Iqdam. Menanggapi hal ini Gus Iqdam dibuat gelagapan dan sempat meminta salah seorang untuk menerjemahkan.

Belum lagi ia mendapatkan penerjemah bahasa Inggris, rupanya Isabel ini ternyata mahir bahasa Arab. Ia pun menawari bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab. Dengan kelakar yang menjadi khasnya, Gus Iqdam dengan santai menyetujuinya.

“Wis gampang losss,” kata Gus Iqdam berkelakar.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.