Sukses

3 Perkara Paling Dibenci Allah, Sering Dianggap Sepele tapi Banyak yang Terjebak

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna dan tak pernah luput dari dosa dan maksiat. Namun dari banyaknya bentuk perbuatan maksiat ada tiga perkara yang sangat tidak disukai oleh Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai manusia kita tentu tak bisa luput dari khilaf dan dosa. Tanpa sadar terjebak oleh bujuk rayu setan sehingga senang dalam berbuat maksiat.

Dari banyaknya bentuk perbuatan maksiat, ada tiga hal yang sangat tidak disukai oleh Allah. Akan tetapi, seringkali manusia menyepelekan perkara ini.

Allah SWT telah mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyerukan umatnya agar menjauhi tiga perkara yang dibenci-Nya. Perbuatan apakah yang masuk kategori dibenci Allah? Berikut bunyi hadisnya,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا، فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا، وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَال،َ وَكَثْرَةَ السُّؤَال،ِ وَإِضَاعَةِ الْمَالِ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah menyukai tiga perkara dan membenci tiga perkara. (1) Allah menyukai kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun; (2) kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan (3) tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari (1) mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, (2) banyak bertanya (3) menyia-nyiakan harta." (HR. Muslim)

Dengan ajaran yang sudah jelas tertulis. umat Islam seharusnya sudah memiliki panduan untuk menghindari perkara-perkara yang dibenci Allah SWT tersebut. Mengutip dari laman dream.co.id, berikut tiga perkara paling dibenci Allah yang dianggap sepele namun banyak yang terjebak.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menyebarkan Berita yang Tak Jelas Sumbernya

Perkara pertama yang dibenci Allah SWT adalah qila wa qala atau menyebarkan berita atau informasi yang tidak jelas asal usulnya. Apapun informasinya, baik secara lisan maupun melalui media sosial, seharusnya dijelaskan darimana sumbernya.

Apalagi di zaman yang serba cepat seperti sekarang, informasi sekecil apapun bisa dengan mudah didapatkan tapi terkadang tidak jelas sumbernya. Jika tak berhati-hati, kita bisa saja terjebak pada perbuatan informasi yang menjurus ke arah fitnah.

Inilah mengapa Allah membenci orang yang menyampaikan informasi tapi tidak jelas sumbernya dan kebenarannya. Perbuatan ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kerugian, keresahan, hingga bisa merusak ukhuwah. 

Allah SWT berfirman:"Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar."(QS. An-Nur: 11)

3 dari 4 halaman

2. Terlalu Banyak Bertanya pada Hal yang Tak Perlu

Perkara yang dibenci Allah SWT selanjutnya adalah karena terlalu banyak bertanya sesuatu yang tidak perlu yang justru akan menimbulkan kesulitan. Akan tetapi jika bertanya lebih banyak mengenai ilmu pengetahuan dan hal-hal yang bermanfaat lainnya, maka ini diperbolehkan dan bahkan dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Kalau aku jawab iya, niscaya akan memberatkan kalian. Tinggalkanlah (jangan bertanya) terhadap sesuatu yang aku biarkan.”

Rasulullah SAW juga bersabda: “Diamnya (syariat) adalah rahmat bagi kalian, maka janganlah bertanya.” 

Sikap terlalu banyak bertanya pada hal-hal yang tidak perlu ini sebagaimana perilaku Bani Israil yang diabadikan dalam Surat Al-Baqarah tentang sapi emas. Pertanyaan Bani Israil itu justru mempersulit mereka dalam menemukan sapi yang diminta.

4 dari 4 halaman

3. Menyia-nyiakan Harta

Menyia-nyiakan harta dan menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat adalah perkara yang sangat dibenci Allah SWT.

Hidup dalam kemewahan tapi tidak bisa memanfaatkan harta untuk hal-hal yang bermanfaat adalah suatu kesia-siaan belaka.

Sebaiknya harta dimanfaatkan untuk hal-hal yang membawa maslahat seperti infaq, zakat dan sedekah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.