Sukses

3 Keutamaan Dahsyat Dzikir Setelah Subuh, Sayang Sekali Jika Ditinggalkan

Keutamaan berdzikir setelah sholat subuh.

Liputan6.com, Jakarta - Dzikir setelah sholat subuh merupakan amalan yang sayang untuk dilewatkan. Disebabkan waktu setelah subuh diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa.

Inilah alasan mengapa kita tidak dianjurkan untuk tidur lagi setelah sholat subuh. Dengan begitu kita dapat memanfaatkan waktu berharga ini untuk beribadah salah satunya dengan berdzikir dan bermunajat kepada Allah SWT.

Dzikir juga termasuk amalan yang dicintai Allah serta dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Terdapat banyak perintah berdzikir di dalam Al-Qur’an dan hadis.

Allah SWT berfirman:

قَالَ رَبِّ ٱجْعَل لِّىٓ ءَايَةً ۖ قَالَ ءَايَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ ٱلنَّاسَ ثَلَٰثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا رَمْزًا ۗ وَٱذْكُر رَّبَّكَ كَثِيرًا وَسَبِّحْ بِٱلْعَشِىِّ وَٱلْإِبْكَٰرِ

"Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa istri telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari". (QS. Ali Imran 41)

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesaksian Sahabat Anas RA

Mengutip dari laman dream.co.id, Rasulullah sebagai sosok teladan bagi umat Islam juga memiliki kebiasaan berdzikir setiap usai sholat subuh. Beliau SAW berdzikir hingga matahari terbit.

"Dari Jabir bin Samrah berkata, adapun Nabi jika telah selesai sholat subuh, beliau duduk di tempatnya hingga terbit matahari." (HR. Muslim)

Menurut Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, dijelaskan bahwa hadis di atas menunjukkan keutamaan memperbanyak dzikir setelah sholat subuh.

Bahwa Rasulullah SAW pernah mengatakan, “Barang siapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian sholat dua rakaat (sholat dhuha) maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna."

Rasulullah SAW tidak menjelaskan spesifikasi bentuk dzikir dalam hadis tersebut. Sementara dalam beberapa riwayat, Nabi SAW menyebutkan setidaknya terdapat tiga keutamaan bagi seseorang yang memperbanyak dzikir setelah sholat subuh, yaitu sebagai berikut.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Dzikir Setelah Subuh

1. Pahala Seperti Haji dan Umrah

"Barang siapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian sholat dua rakaat maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi)

2. Diampuni Dosa-dosanya

"Barang siapa yang tetap duduk setelah sholat subuh hingga sholat dua rakaat dhuha tidak berkata kecuali hal baik maka akan diampuni dosa-dosanya sekalipun lebih banyak dari buih lautan." (HR. Ahmad & Abu Dawud) 

3. Tubuh Tidak Tersentuh Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang sholat fajar kemudian berdzikir hingga terbit matahari maka api neraka tidak akan menyentuh kulit orang tersebut selamanya.” (HR. Baihaqi)

Begitu banyak dzikir yang dilakukan setelah sholat subuh selain dari penjelasan di atas.

Sholat subuh memang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Karena waktu subuh adalah waktu yang sulit bagi kebanyakan orang untuk bangun dari tidurnya.

Inilah mengapa Allah memberikan pahala yang luar biasa bagi orang-orang yang sholat subuh dan berdzikir setelahnya. Bahkan dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni oleh Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.