Sukses

Ijazah Doa untuk Menguatkan Hafalan dari Al-Hafidz Al-Habib KH Said Agil Husin Al Munawwar

Banyak ragam doa yang dapat diamalkan seseorang untuk menguatkan hafalan. Hal ini terutama bagi mereka yang sedang melaksanakan hafalan, baik Al-Qur’an, kitab atau yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak ragam doa yang dapat diamalkan seseorang untuk menguatkan hafalan. Hal ini terutama bagi mereka yang sedang melaksanakan hafalan, baik Al-Qur’an, kitab atau yang lainnya.

Salah satu doa untuk menguatkan hafalan itu diijazahkan oleh Al-Hafidz Al-Habib KH Said Agil Hussein Al  Munawwar.

Said Agil adalah sosok ulama kharismatik yang ahli Tafsir dan Hadis. Selain itu, beliau juga pakar dalam bidang Fiqih dan Ushul Fiqh serta pengajar pascasarjana di berbagai perguruan tinggi. Selain itu, juga mubaligh dan pengisi berbagai acara di televisi, juri MTQ tingkat Internasional di berbagai negara.

Beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama pada kabinet Gotong Royong pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Atas dedikasi terhadap keilmuan yang ditekuninya, ia memperoleh banyak penghargaan

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lafal Doa untuk Menguatkan Hafalan

Berikut ini lafal bacaan doa untuk menguatkan bacaan,

اَللهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ. اَللهُمَّ اَغْنِنِيْ بِالْعِلمِ وَزَيِّنِّيْ بِالْحِلْمِ وَاَكْرِمْنِيْ بِالتَّقْوَى وَجَمِّلْنِيْ بِالْعَافِيَةِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Ya Allah anugerahkan aku pemahaman para Nabi, hafalan para Rasul, ilham para Malaikat yang dekat (dengan-Mu). Ya Allah limpahilah aku dengan ilmu, hiasilah diriku dengan kelembutan, muliakan aku dengan takwa, dan indahkan diriku dengan kesehatan, dengan kebaikan dari kasih sayang-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih.

3 dari 3 halaman

Asal Muasal Doa dan Cara Mengamalkannya

Menurut Said Agil, amalan doa untuk menguatkan hafalan ini berasal dari 2 orang kakeknya. Kakeknya ini sengaja memberikan ijazah doa kepadanya.

“Saya dikasih amalan untuk dibaca terutama setelah salat Asar dari kakek saya, Habib Agil bin Ahmad bin Ali bin Abdurrahman bin Ali bin Abdurrahman bin Agil Al Munawwar. Dan juga dari kakek saya sekaligus guru saya, Habib Alwi bin ahmad bin Muhammad Bahussein,” tuturnya.

Adapun cara mengamalkannya yaitu dengan membaca doa di atas 3 kali setiap selesai shalat, utamanya pada waktu salat Asar. Sebab waktu setelah salat Asar ini terdapat maqam mustajabah, sehingga doa mudah sekali untuk dikabulkan Allah SWT.

Semoga dengan mengamalkan ijazah doa ini menjadikan seseorang menjadi kuat hafalannya terutama bagi mereka yang sedang melaksanakan hafalan.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.