Sukses

Kisah Haru Semut Bawa Setetes Air Ingin Padamkan Api yang Membakar Nabi Ibrahim

Kisah semut dan nabi ibrahim as.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah riwayat menceritakan bahwa ketika Nabi Ibrahim AS dibakar oleh Raja Namrud seekor semut berusaha untuk menyelamatkan sang Nabi dengan setetes air. Aksinya itu bahkan ditertawakan oleh hewan-hewan lainnya.

Seperti kisah yang sudah sangat masyhur terdengar bahwa Nabi Ibrahim pernah dibakar oleh Raja Namrud karena menyebarkan ajaran tauhid untuk menyembah Allah. Semua orang menyaksikan peristiwa tersebut termasuk semut.

Hewan kecil itu merasa sedih karena utusan Allah dibakar oleh seorang raja yang zalim. Ia pun berusaha menyelamatkan Nabinya dengan cara mengambil air sesuai kemampuannya untuk memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim.

Ia pergi ke sebuah sungai terdekat dan kemudian mengambil air dari sana. Tubuh semut yang kecil itu membuatnya hanya mampu membawa satu tetes air untuk memadamkan api.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hendak Buktikan Keberpihakan pada Nabi Ibrahim

Dalam perjalanan, semut bertemu dengan seekor burung gagak. Gagak yang melihat itu bertanya kepada semut perihal aksinya. Semua menjelaskan bahwa ia ingin menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api yang berkobar.

Sang gagak yang mendengar jawaban dari semut itu pun merasa heran dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan semut adalah sia-sia.

“Hahaha, apakah kamu yakin bisa memadamkan api besar yang dibuat Raja Namrud dengan air yang kau bawa itu?” tanya Gagak sambil tertawa.

Semut yang masih gigih dengan usahanya itu pun tidak peduli dengan ucapan gagak. Ia kemudian menjelaskan bahwa apa yang dilakukannya memiliki alasan yang kuat.

Semut mengatakan bahwa apa yang ia lakukan itu membuktikan bahwa ia sedang berpihak kepada Nabi Ibrahim meskipun ia tahu, air yang dibawanya tidak akan bisa memadamkan api yang sudah berkobar.

“Aku ingin memastikan di mana posisi aku berada saat ini. Aku bukan makhluk yang tidak punya kepedulian hingga membiarkan keburukan terjadi. Aku harus melakukan sesuatu untuk menegakkan kebenaran,” jawab semut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.