Sukses

6 Cara Mendidik Anak Perempuan Sesuai dengan Syariat Islam

Cara mendidik anak perempuan sesuai dengan syariat islam.

Liputan6.com, Jakarta - Anak dianggap sebagai anugerah paling berharga bagi orangtua. Seorang anak merupakan karunia dan rezeki yang dititipkan Allah SWT. 

Sebagai orangtua yang sudah diamanahkan untuk mendidik anak oleh Allah SWT maka harus bertanggung jawab atas tumbuh kembang, pendidikan, dan perlindungan mereka.

Pada umumnya, kita sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan interaksi dan bantuan orang lain, dan anak merupakan salah satu bentuk interaksi yang paling istimewa bagi orangtua. 

Setiap orangtua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anaknya dengan baik, khususnya anak perempuan. Banyak hal-hal yang harus diajarkan kepada anak perempuan sedari dini. 

Sebagai umat muslim pedoman kita untuk mendidik anak perempuan yaitu sesuai dengan kaidah Al-Quran, menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi hal yang ditentangnya. Maka dari itu, mengutip dari laman fimela.com, berikut cara yang tepat untuk mendidik anak perempuan sesuai dengan syariat Islam.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendidik Anak Perempuan

1. Mengenalkan agama pada anak

Memperkenalkan anak sejak dini tentang agama islam sangat penting dan sudah menjadi tugas bagi orangtua. Berikan sang anak pemahaman mengenai perbedaan ragam agama di Indonesia dan agama islam sesuai dengan dianut. 

Ajarkan anak tentang sifat-sifat Allah SWT didampingi dengan kisah-kisah islami, sehingga sang anak tidak bosan dan tertarik mendengarnya. Namun, perlu diingat bahwa kecepatan proses pembelajaran tiap-tiap anak itu berbeda, sehingga perlu kesabaran dan sesuaikan dengan kemampuan sang anak.

2. Mengajarkan anak untuk berdoa

Ajari anak perempuan mengapa pentingnya beribadah kepada Allah SWT dimulai dengan hal-hal dasar seperti mengucap 'Bismillah' ketika ingin melakukan sesuatu, ucapan salam 'Assalamu’alaikum', atau 'Alhamdulillah' ucapan terima kasih atas rasa syukur. 

Dengan mengajarkan anak untuk berdoa, otomatis sang anak akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan memahami bahwa Dia adalah tempat untuk meminta perlindungan.

3. Mengajarkan ibadah sholat dan membaca Al-Qur'an 

Sholat adalah kewajiban orang muslim yang harus dikerjakan. Sebagai orangtua, sudah semestinya untuk mengajari anaknya untuk belajar sholat dan memberikan pengertian. 

Meskipun kewajiban sholat itu adalah ketika mereka mencapai akil baligh, namun sebaiknya ajarkan sang anak untuk sholat sedari dini. Bisa dimulai dari tata cara berwudhu, niat sholat, hingga gerakan-gerakan saat sholat. Dengan demikian anak akan dapat terbiasa melaksanakan sholat dari kecil, tanpa menunggu waktu akil balighnya.

Sama halnya dengan mengajarkan anak membaca Al-Qur’an, daftarkan anak ke TPA terdekat untuk belajar mengaji dan agama islam lebih dalam lagi bersama guru agama atau ustadz. Sehingga anak perempuan dapat menjadi pribadi yang memiliki iman dan taqwa yang kuat.

3 dari 3 halaman

Cara Mendidik Lainnya

4. Mengajarkan anak perempuan untuk menutup aurat

Pada dasarnya  menutup aurat adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim, baik pria maupun perempuan, penting untuk mengajarkan anak agar menutup auratnya sejak dini. Berikan pemahaman mengapa wajib untuk menutup aurat bagi perempuan, berikan pakaian yang sesuai, seperti baju lengan panjang, bawahan panjang, dan penting untuk diperhatikan kenyamanan sang anak. 

Cobalah untuk mengajari sang anak memakai hijab sedari kecil tanpa memaksanya, sehingga ia akan merasa terbiasa ketika sudah dewasa. Dengan menutup aurat yang baik dan benar, maka ia akan menjaga kesucian dirinya dari orang-orang serta juga taat kepada Allah SWT.

5. Mengajarkan anak berperilaku baik

Ajarkan anak perempuan untuk selalu bertingkah laku baik dan sopan santun kepada semua orang, terutama orang yang lebih tua darinya. Seperti perintah dari Allah SWT sebagaimana seorang anak wajib untuk bersikap sopan, bertutur kata lembut, dan patuh kepada orangtuanya. Dengan memiliki perilaku mulia, anak senantiasa akan selalu dikelilingi oleh orang-orang yang baik dan dijauhi dari kejahatan.

6. Sebagai orangtua mencontohkan hal-hal baik

Dibalik anak yang sukses, ada peran didikan orangtua didalamnya. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari berikan contoh positif kepada anak perempuan, seperti selalu melaksanakan sholat tepat waktu, rutin mengaji, menutup aurat dari orang-orang yang bukan mahramnya, ataupun menjaga ucapan yang baik. Senantiasa anak akan mengikuti perilaku positif orangtuanya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.