Sukses

Doa Cepat Tidur dalam Islam, Istirahat Makin Berkualitas

Amalan doa agar cepat tidur dan beristirahat dengan nyenyak

Liputan6.com, Jakarta - Susah tidur adalah menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan. Kekurangan tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat dan lemas sepanjang hari.

Selain melakukan berbagai cara agar tidur menjadi lebih nyenyak, sebagai umat Islam juga diwajibkan untuk membaca doa sebelum tidur agar istirahat bisa semakin nyenyak. Allah mengajarkan hamba-Nya untuk selalu berdoa dalam setiap hal, termasuk tidur.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui doa cepat tidur menurut Islam yang wajib dibaca sesaat sebelum tidur. Selain meningkatkan kualitas tidur, doa ini juga akan melindungi diri dari godaan setan saat terlelap.

Dikutip dari laman merdeka.com, berikut kumpulan doa cepat tidur menurut Islam yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Semoga bermanfaat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Doa Susah Tidur di Malam Hari

Doa ini dianjurkan untuk diamalkan ketika mengalami kesulitan untuk terlelap. Berikut adalah doa dan terjemahannya.

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Dzat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

3 dari 5 halaman

2. Doa Terhindar dari Godaan Setan

Selanjutnya, doa cepat tidur yang juga sering diamalkan agar tidur menjadi berkualitas adalah doa agar terhindar dari godaan setan.

Doa ini diajarkan oleh Rasulullah dan disunnahkan untuk dibaca sebelum tidur. Berikut adalah doa dan terjemahannya.

A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri ‘ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan setan dan kehadirannya.”

4 dari 5 halaman

3. Doa Meminta Keamanan

Selanjutnya adalah doa meminta keamanan. Doa ini sangat mujarab karena berisi permohonan kepada Allah agar diberikan ketenangan saat memejamkan mata. Berikut adalah doa dan terjemahannya.

Summa anzala 'alaikum mim ba'dil-gammi amanatan nu'āsay yagsyā ṭā`ifatam mingkum wa ṭā`ifatung qad ahammat-hum anfusuhum.

Artinya: "Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri."

5 dari 5 halaman

4. Doa Berlindung kepada Allah

Doa ini juga sangat populer di kalangan umat Islam. Doa ini selalu diucapkan ketika susah tidur. Tujuannya adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan. Berikut adalah doa dan terjemahannya.

A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri ‘ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.