Sukses

Memaknai Sambal untuk Pahami Hidup dan Tantangannya ala UAH

Bagaimana dengan Sambal Kita Bisa Pahami Hidup dan Tantangannya, Ini Penjelasan Singkat UAH

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, memahami hidup itu bisa dengan cara yang sangat sederhana. Tidak perlu njlimet ini dan itu.

Dari yang ada di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan dari sambal sekalipun.

Ustadz Adi Hidayat (UAH) yang merupakan Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027 dalam salah satu kajiannya memberikan gambaran tantangan kehidupan dengan filosofi sambal.

“Ada keripik yang kalau naik level, maka pedasnya makin pedas,” ujar UAH dalam shorts Youtube di kanal Adi Hidayat Official ini.

“Level satu, standar. Level dua, agak pedas. Level tiga, pedas banget,” ujarnya penuh senyum, dikutip Sabtu (18/6/2023).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenikmatan Bisa Dirasakan Ketika Telah Melewati Tantangan

Menurutnya, kalau pedas sama dengan tantangannya. Dan kenikmatannya dirasakan setelah muncul pedasnya.

Secara singkat menurutnya, bahwa kita tahu sambal itu pedas, namun tetap dimakan dan dinikmati. “Sambal itu sudah tahu pedas, tapi kok dimakan juga, gitu kan?,” ujarnya.

Bahkan, meski pedas, jika nasi masih dan sambal habis, maka akan tambah sambal lagi, dan juga sebaliknya.

“Aduh, abis nih nasinya, tinggal sambalnya. Ih abis sambalnya tinggal nasinya. Tambah sambal lagi, gitu ya? Dan itu kan level pedasnya tinggi, tapi dinikmati juga,” ujar UH kembali dengan senyum khasnya.

Ternyata, filosofi kenikmatan sambal itu terasakan setelah muncul pedasnya.

“Ini juga sama, jadi, cara memahami hidup tuh sederhana, begitu saja, gitu. Kalo kita mau naikkan levelnya, kita harus sadar akan menghadapi tantangannya. Dan kenikmatan di level itu bisa dirasakan ketika telah melewati tantangannya, ya sama saja,” tandasnya.

Dengan kata lain, jika ingin menikmati dihidup dengan naik level, maka tantangan yang dihadapi pun akan semakin bertambah.

Penulis: Nugroho Purbo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.