Sukses

Top 3 Islami: Selfie di Depan Ka'bah hingga Aksi Tuyul yang Bikin Heboh

Top 3 Islami: Selfie di Depan Ka'bah hingga Aksi Tuyul yang Bikin Heboh

Liputan6.com, Jakarta - Artikel soal 'spanduk tuyul' yang bikin heboh warga Tasikmalaya, Jawa Barat membetot perhatian pembaca kanal Islami Liputan6.com, Rabu (6/7/2023).

Ada dua artikel, pertama yakni soal muaasal spanduk yang belakangan diketahui dipasang oleh warga yang meyakini bahwa duitnya hilang lantaran dicuri setan gundul itu. Saking geramnya, dia membikin spanduk agar si pemilik tuyul tak lagi memerintahkan si tuyul beroperasi di wilayahnya.

Artikel ini adalah penjelasan MUI, soal sosok tuyul. Sementara, artikel kedua adalah imbauan agar umat Islam tidak meminta bantuan dukun dan menjauhi praktik perdukunan.

Kemudian, artikel lain adalah soal selfie di depan Ka'bah yang bisa kena hukum Arab Saudi.

Selengkapnya, mari simak top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Heboh Tuyul di Tasikmalaya, Ini Pandangannya dalam Islam Menurut MUI

Beberapa waktu terakhir, warganet dibikin heboh oleh munculnya spanduk 'Tuyul'. Menariknya, spanduk itu berisi semacam imbauan atau bahkan permohonan agar si pemilik tuyul tak lagi mencuri.

Secara lengkap berikut adalah redaksi spanduk tuyul tersebut: 'Mohon Kesadarannya kepada pemilik tuyul, jangan lagi beraksi di daerah Burujul, Perbuatan Anda Dosa Besar'.

Belakangan diketahui, spanduk Tuyul itu ternyata sengaja dipasang oleh warga Kampung Burujul, Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Informasi yang beredar, warga kerap kehilangan uang secara janggal. Diduga, uang dicuri tuyul.

Terlepas dari itu, di Indonesia, tuyul memang menjadi sosok yang populer. Makhluk tak kasat mata itu diyakini oleh sebagian masyarakat kerap disuruh mencuri oleh tuannya.

Lantas, bagaimana pandangannya dalam Islam?

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Awas, Selfie Cara Ini di Depan Ka'bah Bisa Kena Hukum Arab Saudi

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengimbau jemaah haji agar dalam pengambilan dokumentasi pribadi dalam bentuk swafoto atau selfie di depan Ka'bah tidak dilakukan secara berlebihan.

“Selfie berlebihan di depan Ka'bah, selain akan mengganggu kekhusyuan ibadah juga mengganggu jemaah lainnya,” terang Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya, dikutip Selasa(6/6/2023).

Fauzin menegaskan, di antara larangan keras yang perlu diperhatikan jamaah di area Masjidil Haram adalah membentangkan spanduk untuk berfoto bersama, selfie di depan Kabah dengan benda-benda yang menyerupai manusia, hewan, seperti wayang, dan sejenisnya.

“Bila melanggar larangan tersebut akan berakibat hukum dari otoritas keamanan Arab Saudi,” tegas Fauzin, Senin (05/06/2023).

Karenanya, lanjut Fauzin, panitia terus mengingatkan jemaah agar fokus beribadah selama di Tanah Suci khususnya selama berada di Masjidil Haram, mengurangi aktivitas selain ibadah,” lanjutnya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Heboh Tuyul Curi Duit Tetangga, Ini Fatwa MUI soal Praktik Perdukunan

Masyarakat dibikin heboh oleh spanduk Tuyul di Tasikmalaya. Usut punya usut, spanduk itu dipasang oleh seorang warga yang merasa uangnya dicuri Tuyul.

Tentu saja dia geram, duitnya raib tak jelas rimbanya. Walhasil, dia yakin bahwa uangnya dicuri oleh makhluk tak kasat mata itu.

Dalam spanduk itu, dia meminta agar pemilik tuyul tidak lagi beroperasi di daerahnya. Dia juga mengimbau agar pemilik tuyul menghentikan praktiknya karena dosa besar.

Di Indonesia, sosok tuyul sangat populer dalam perspektif urban legend. Dia menyerupa sosok anak kecil berkapala gundul. Kerjanya mencuri uang, atas perintah si pemilik tuyul.

Dalam khazanah Islam, jin memang ada meski bersifat gaib atau berada di dunia lain. Akan tetapi, interaksi jin atau setan dan manusia selalu terjadi. Tak jarang, manusia meminta bantuan jin atas bantuan dukun.

Sejak zaman nabi, kerja sama manusia dan jin sudah terjadi. Sebagiannya bahkan diperintahkan untuk berbuat hal jahat.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.