Sukses

Siaga 24 Jam di 9 Posko, Petugas Seksus Masjidil Haram Siap Layani Jemaah Haji Indonesia

Petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Daerah Kerja (Daker) Makkah telah menyiapkan satu sektor layanan khusus di Masjidil Haram.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Daerah Kerja (Daker) Makkah telah menyiapkan satu sektor layanan khusus di Masjidil Haram.

Tim sektor khusus (Seksus) ini bertugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan kepada jemaah, khususnya ketika berada di areal Masjidil Haram, Makkah.

Mereka akan bertugas selama 24 jam secara bergantian untuk melayani jemaah haji Indonesia yang terus berdatangan ke Kota Makkah Al-Mukarramah sejak 1 Juni 2023 lalu.

Hingga hari ini, Senin (5/6/2023) jam 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tercatat ada 22.932 jemaah haji Indonesia yang sudah berada di Kota Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mereka terbagi dalam 59 kelompok terbang (kloter).

"Kita siapkan 70 petugas yang ditempatkan pada pos-pos layanan di areal Masjidil Haram. Secara bergantian, mereka akan bertugas selama 24 jam," ujar Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Masjidil Haram Slamet Budiono di Makkah, Senin (5/6/2023).

Para petugas ini telah diterjunkan membantu jemaah sejak pertama kali kedatangan jemaah pada Kamis 1 Juni lalu. Adapuntugas mereka di antaranya membantu jemaah melaksanakan ibadah umrah, mengantar jemaah yang terpisah dari rombongan kembali ke hotel, hingga bersinergi dengan tim kesehatan dalam memberikan pertolongan pertama kepada jemaah yang membutuhkan.

"Petugas yang kami terjunkan bekerja selama 24 jam nonstop. Kami minta para petugas siaga dalam membantu pelaksanaan ibadah jemaah selama di Masjidil Haram," terang Slamet.

"Jemaah tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan para petugas. Sebab, ini memang sudah menjadi kewajiban semua petugas di tanah suci," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 9 Pos Areal Petugas Seksus Masjidil Haram

Slamet menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sembilan pos areal petugas Sektor Khusus Masjidil Haram. Berikut daftarnya:

  • Pos 1 di Mataf
  • Pos 2 di Marwah (Mencakup area Safa dan Marwah)
  • Pos 3 di Babus Salam
  • Pos 4 di Sofa dan Marwah lantai dua (berjaga untuk pelayanan jemaah dengan kursi roda)
  • Pos 5 di Gate KAA
  • Pos 6 di Dar Tawhid
  • Pos 7 di Area Jarwal
  • Pos 8 di Area Bab Al Quds
  • Pos 9 di Syib Amir

Dikatakan Slamet, jemaah yang membutuhkan bantuan saat di Masjidil Haram, bisa mencari petugas yang menggunakan rompi hitam bertuliskan 'Petugas Haji Indonesia'. Jika sudah bertemu, jemaah dapat segera meminta bantuan kepada mereka sesuai kondisi yang dihadapinya.

"Petugas kita sebar di kawasan Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam lengkap dan siap membatu jemaah haji, kapan saja," katanya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.