Sukses

Pesan Jokowi untuk Jemaah Haji RI, Manfaatkan Kesempatan yang Langka Ini dan Jaga Kesehatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan perhatian khusus kepada para jemaah haji Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan perhatian khusus kepada para jemaah haji Indonesia. Dia meminta para jemaah haji memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama berada di tanah suci untuk beribadah.

Pesan Jokowi ini disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah, Sabtu (3/6/2023).

"(Pesan Presiden Jokowi) pokoknya ibadah yang baik, manfaatkan kesempatan yang langka ini, karena tidak semua umat Islam di indonesia mendapatkan kesempatan. Bukan karena hanya masalah finansial, tapi juga kesempatan yang semakin sulit karena keterbatasan kuota," ujarnya.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi juga memberikan perhatian serius kepada jemaah lanjut usia (lansia). Apalagi tahun ini jumlah jemaah lansia sangat banyak, mencapai 67 ribu orang atau sekitar 30 persen dari kuota.

"(Untuk jemaah haji lansia) jaga kesehatan. Dan pendamping haji (petugas haji) tunjukkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan jemaah haji lansia," kata Muhadjir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Petugas Haji untuk Layani Jemaah

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengingatkan para petugas haji untuk selalu berkomitmen dengan niat awal yakni menjadi pelayan tamu-tamu Allah di tanah suci.

"Jangan sampai salah niat tugasnya untuk bertugas menjadi pelayan haji. Bila perlu enggak usah haji enggak apa-apa, karena pahalanya melayani jemaah haji itu sama dengan haji," tutur Muhadjir Effendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.