Sukses

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh, Syafaat di Hari Kiamat hingga Surga

Mendisiplinkan diri dengan mengejar keutamaan sholat sunnah qobliyah (fajar) sebelum subuh.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat subuh mungkin menjadi salah satu ibadah sholat yang sulit dilakukan dengan tepat waktu oleh sebagian umat muslim. Padahal sebelum sholat subuh ada waktu-waktu sholat terbaik yang memiliki banyak keutamaan dan membawa kebaikan bagi yang melakukannya.

Salah satunya sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat sunnah fajar. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum sholat subuh itu sendiri serta dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah. 

Sebagai umat Islam selain berkewajiban menunaikan sholat wajib, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah, sebagaimana yang disebutkan dalam hadis .

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim).

Berbagai kebaikan yang didapatkan tentunya akan menjadikan diri semakin disiplin dalam melakukan sholat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 keutamaan sholat sunnah sebelum subuh secara lengkap.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh

1. Penyempurna sholat fardhu dan sholat sunnah terbaik

Salah satu keutamaannya ialah sebagai penyempurna sholat fardhu sekaligus menjadi sholat terbaik diantara sholat sunnah lainnya sebab telah disebutkan pada hadis sebelumnya lebih baik dari dunia dan seisinya. Hal ini karena sholat subuh sendiri adalah sholat wajib yang terkadang sulit dilakukan karena sulitnya bangun pagi oleh sebagian orang, melakukan sholat sunnah subuh akan menguatkan dan mendisiplinkan waktu sholat subuh.

2. Rutinitas Mulia

“Ketika terbit fajar Subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah sholat kecuali dengan dua raka’at yang ringan”(HR. Muslim no. 723). 

Jelas bahwa melakukan sholat sunnah sebelum subuh adalah rutinitas yang mulia sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Sholat sunnah sebelum subuh dapat mendekatkan diri pada setiap kebaikan seperti disiplin di waktu sholat dan terbiasa beraktivitas sejak pagi.

3. Syafaat di hari kiamat

Diriwayatkan dalam hadis Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat sholat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama  dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

Setiap yang melakukan sholat sunnah subuh dan sholat subuh dengan tepat waktu dan istiqomah di hari kiamat nanti akan mendapat syafaat dari Rasulullah sehingga ia terlindung dari segala bahaya di hari kiamat.

4. Kebaikan di akhirat

Diriwayatkan dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat sholat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim 726). 

Bagi yang senantiasa melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh disertai menjaga amalan lainnya dengan baik maka akan mendapatkan kebaikan di akhirat dan terhindar dari siksa neraka.

5. Jalan menuju surga

Setiap amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah tentunya menjadi jalan yang akan membawa diri menuju surga. Termasuk menjalankan sholat sunnah sebelum subuh. Ibadah ini akan menjadi tabungan amal kebaikan serta pelindung diri agar terhindar dari berbagai penyakit hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.