Sukses

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah, Lengkap dengan Keistimewaannya

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah membaca surat Al Waqiah sangat penting diketahui oleh setiap umat Muslim. Surat Al Waqiah adalah surat dalam Al-Qur’an yang ke 56. Surah ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah.

Surat Al Waqiah dinamakan dengan nama tersebut memiliki arti hari kiamat, diambil dari perkataan Al Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama. Sejumlah hadis menyebutkan, jika surat Al Waqiah dibaca secara rutin setiap hari, umat Muslim akan mendapatkan keistimewaannya terkait dengan persoalan rezeki.

Ketika membacanya, alangkah lebih afdol jika mengamalkan doa setelah membaca surat Al Waqiah. Bacaan doa setelah membaca surat Al Waqiah diambil dari kitab Khalashah Nabawiy dari al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa setelah membaca surat Al Waqiah dan keistimewaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Seperti yang dijelaskan di atas, bacaan doa setelah membaca surat Al Waqiah diambil dari kitab Khalashah Nabawiy dari al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz. Berikut ini bacan doa setelah membaca surat Al Waqiah, yakni:

Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i.

Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

3 dari 4 halaman

2. Mengenal Surat Al Waqiah

Dikutip dari buku Tak Henti Engkau Berlari Mengejar Rezeki karya Taufiq FR., menjelaskan bahwa surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 yang terdapat dalam jus ke 27. Surat Al-Waqiah adalah surat yang turun di Kota Makkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke kota Madinah. Dalam surah Al Waqiah ini terdiri sebanyak 96 ayat. Sedangkan makna Al Waqiah, karena sesuai dengan ayat yang pertama, yaitu Al-Waqiah yang berarti kiamat. Dalam kandungan surah Al-Waqiah, berisi tentang hari kiamat akan terjadi, bagaimana keadaan hari kiamat, dan juga balasan bagi orang mulmin dan juga orang kafir ketika telah kiamat.

Di sisi lain, dalam surat Al Waqiah ini juga terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api, dan juga segala jenis tumbuhan yang juga sekaligus menjelaskan tentang kebesaran Allah SWT dan memahami akan adanya hari kebangkitan yang memang benar dan nyata. Hal ini sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.

Dinamakan surat al-Waqiah diambil dari lafal al-waqiah yang ada pada ayat pertama surat ini. Makna surat al-Waqiah pun sekaligus pengingat adanya kenikmatan bagi penghuni di surga yang disebut Ashab al-Yamin dan siksa di neraka yang disebut Ashab al-Syimal.

4 dari 4 halaman

3. Keistimewaan Membaca Surat Al Waqiah

Adapun beberapa keistimewaan membaca surat Al Waqiah secara rutin, yakni:

a. Tidak Akan Ditimpa Kefakiran

Diantara keistimewaan surat Al-Waqiah adalah dijaga dan dilindungi dari kefakiran dan kesusahan hidup. Allah SWT berjanji akan menjaga dan memenuhi kebutuhannya selama ia mau membaca dan mengamalkan surat Al Waqiah. Absyari’lah bin Mas’ud r.a. berkata,

Saya mendengar Nabi Saw bersabda: “Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.”

b. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

c. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata, 

"Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

d. Dilancarkan rezekinya

Keistimewaan membaca surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dilancarkan rezekinya, karena surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata,

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah SWT yang terus mengalir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.