Sukses

5 Keutamaan Luar Biasa Surah Al-Waqiah Beserta Doa Setelah Membacanya

Nama Al-Waqiah yang memiliki arti hari kiamat, diambil dari perkataan “Al-Waqiah” yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Kata Al-Waqiah dalam Al-Quran juga disebutkan sebanyak 2 kali yaitu Al-Waqiah/56: 1 dan Al-Haqqah/6:15.

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an adalah segalanya bagi umat Islam, berfungsi sebagai way of life, yakni panduan hidup, atau rujukan bagaimana seorang muslim berperilaku, berbicara, dan sebagainya. Setiap permasalahan yang ada, semuanya akan dikembalikan dasar hukumnya kepada Al-Qur’an.

Isi kandungan Al-Qur’an sangatlah menakjubkan dan menyentuh berbagai aspek kehidupan salah satunya perihal kelancaran rezeki. Dalam hal ini Surah Al-Waqiah memiliki banyak keutamaan terlebih bagi kamu yang ingin dilancarkan rezekinya dan dijauhkan dari kemiskinan maka imbangilah usahamu dengan membaca Surah Al-Waqiah dengan rutin.

Nama Al-Waqiah yang memiliki arti hari kiamat, diambil dari perkataan “Al-Waqiah” yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Kata Al-Waqiah dalam Al-Qur'an juga disebutkan sebanyak 2 kali yaitu Al-Waqiah/56: 1 dan Al-Haqqah/6:15.

Pokok pembahasan dalam Surah Al-Waqiah adalah uraian tentang hari kiamat dan penjelasan tentang apa yang akan terjadi di muka bumi dan juga kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang bertakwa dan apa yang akan dialami oleh para pendurhaka Tuhan-Nya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Surah Al-Waqiah

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Apabila seseorang membiasakan diri untuk membaca Surah Al-Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar karena akan dijauhkan dari kemiskinan.

2. Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika Surah Al-Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

3. Mempermudah Sakaratul Maut

Keutamaan Surah Al-Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan Surah Al-Waqiah, maka akan dipermudah rohnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan

4. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim

Keutamaan Surah Al-Waqiah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat seseorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

5. Nikmat bagi penghuni Surga

Dalam Surah Al-Waqiah digambarkan sifat-sifat surga bagi orang-orang taat kepada Tuhannya baik bagi kelompok orang-orang dulu atau as sabiquun maupun kelompok kedua yang taat kepada Allah SWT yang disebut Ashabul Yamin.

Disebutkan bahwa Kelompok As Saabiqun mereka kekal di surga dengan berbagai kenikmatan yang diperolehnya yakni dipan-dipan atau tempat tidur yang berlapiskan emas dan permata serta dilayani para bidadari yang setia tanpa tersentuh ketuaan.

Sedangkan bagi kelompok kedua atau ash habul yamin, mereka dimanjakan dengan pohon bidara dan pohon pisang yang selalu tersedia serta kasur-kasur yang terbentang luas. Mereka juga disandingkan dengan pasangan hidup yang tiada taranya dibandingkan saat di dunia.

6. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah Surah Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

3 dari 3 halaman

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah

Doa setelah membaca Surah Al-Waqiah sangat dianjurkan diamalkan selesai membaca surat tersebut. Tiap Surat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan, begitu pun dengan Surah Al-Waqiah.

Berikut doa setelah membaca Surat Al Waqi’ah yang diijazahkan KH Ali Maksum Krapyak:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Allah yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.