Sukses

Begini Nih Bacaan Niat Puasa Ramadhan Buat Sebulan Penuh Beserta Artinya

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di seluruh dunia bakal menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Bulan puasa Ramadhan bakal dimulai pada 23 Maret 2023 atau sekitar tiga hari lagi.

Saat hendak menjalani ibadah, umat muslim selalu diwajibkan untuk mengucapkan niat, termasuk dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Niat puasa Ramadhan menjadi janji yang diucapkan umat muslim di dalam hati sebelum melaksanakan puasa Ramadhan. Niat berarti tujuan dalam melakukan suatu perbuatan. Bagi umat muslim, tujuan atau niat berpuasa Ramadhan dan beribadah tentunya adalah untuk mendapat keridaan dari Allah SWT.

Sebagaimana dikutip dari NU Online, Senin (20/3/2023), saking pentingnya niat puasa Ramadhan, dalam salah satu hadist, Nabi Muhammad SAW menyebut, berpuasa tanpa niat di malam harinya dianggap tidak sah.

Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Hadist di atas berarti jika seorang muslim atau muslimah lupa tidak membaca niat sebelum berpuasa Ramadhan pada malam hari hingga memasuki subuh, ia harus mengganti puasanya selain bulan Ramadhan, karena puasa yang dijalani dianggap tidak sah.

Nah, agar kamu terhindar dari lupa membaca niat sebelum berpuasa pada pagi harinya, Islam memberi kemudahan dengan memberikan niat puasa Ramadhan sebulan penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Puasa Ramadhan, Hindarkan Kamu Lupa Baca Niat Sebelum Puasa

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala

Artinya: “Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT.”

 

3 dari 3 halaman

Niat Puasa Ramadhan Harian, Jangan Sampai Lupa

Niat Puasa Ramadhan Harian:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.