Sukses

Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Mengingat Ramadhan bulan suci dan mulia, sudah seharusnya umat Islam menyambut bulan tersebut. Menyambut bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan membaca doa.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan tinggal beberapa hari lagi tiba. Umat Islam sejatinya bersyukur dan berbahagia lantaran bisa berjumpa lagi dengan bulan suci. Belum tentu tahun depan bisa merasakan ibadah di bulan Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan penuh mulia. Banyak keberkahan yang dapat diperoleh di bulan kesembilan dalam kalender Hijriah ini. Di bulan ini umat Islam dapat memperbanyak amal saleh, apalagi setiap amalan yang dilakukannya akan dilipatgandakan pahalanya.

Mengingat Ramadhan bulan suci dan mulia, sudah seharusnya umat Islam menyambut bulan tersebut. Menyambut bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan membaca doa.

Berikut adalah doa menyambut Ramadhan yang dikumpulkan oleh Imam ath-Thabrani.

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:

“Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan” (Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Saat Melihat Hilal Ramadhan

Selain doa tersebut, terdapat doa lain yang bisa dibaca oleh umat Islam saat melihat hilal Ramadhan. Doa ini terdapat dalam hadis At-Tirmidzi nomor 3.451.

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ  وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ  رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Arab-latin: Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.