Sukses

5 Keutamaan Sholat Berjamaah, Perlindungan di Hari Kiamat hingga Api Neraka

Bagi seseorang yang telah akil baligh diwajibkan menegakkan ibadah shalat fardhu lima waktu sehari. Hal ini bahkan ditegaskan dalam penggalan surat yang tercantum di Al-Qur'an.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seseorang yang telah akil baligh diwajibkan menegakkan ibadah sholat fardhu lima waktu sehari. Hal ini bahkan ditegaskan dalam penggalan surat yang tercantum di Alquran, Allah SWT berfirman:

Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra ayat 78).

Seseorang yang melakukan sholat secara berjamaah lebih disukai oleh Allah SWT ketimbang yang melakukan sholat sendirian. Sholat berjamaah secara bahasa berarti berkumpul. 

Sholat berjamaah adalah sholat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum.

Dalam hadis diceritakan betapa luar biasanya pahala dari berjamaah. Andai pahala tersebut bisa dilihat secara kasat mata, mungkin orang akan rela berjamaah meski harus tertatih.

Tidaklah ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi sholat Shubuh dan Isya’. Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjamaah) meskipun dengan merangkak.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Selain itu, dijelaskan dalam hadis bahwa sholat berjamaah juga akan melindungi seseorang pada hari tanpa naungan (Padang Mahsyar/kiamat-red) hingga dihindarkan dari api neraka.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Sholat Berjamaah

1. Dilipatgandakan pahala sholatnya

Di dalam Hadis Riwayat Bukhari disebutkan, “sholat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan mendapatkan 27 derajat pahala,”

Jadi, perbandingan pahala sholat berjamaah dan sendirian cukup jauh, karena sholat sendirian, Anda hanya akan dapat pahala 1 derajat, sedang berjamaah Anda akan mendapatkan pahala 27 derajat, wallahualam.

2. Meningkatkan kualitas sholat

Keutamaan yang ketiga dari shalat  berjamaah yaitu dapat meningkatkan kualitas sholat Anda dan kita semua. Kualitas sholat, ada dua tahap, yakni sah nya sholat dan diterimanya sholat. Menurut Nabi Muhammad SAW dalam HR. Ahmad dari ibnu umar, beliau bersabda: “Barang siapa membeli baju dengan harga 10 dirham, sedangkan di dalamnya terdapat 1 dirham uang haram, maka Allah tidak akan menerima sholatnya selama mengenakan baju tersebut.”

Di dalam hadis riwayat Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Darimi, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang meneguk Khamr (minuman keras) maka sholatnya dalam 40 hari tidak akan diterima.”

3. Dihindari dari Kemunafikan

Hal ini tertulis dalam hadis. “Dari Abu Hurairah berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda, “sholat yang dirasakan berat bagi orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat subuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” [Al-Bukhari dan Muslim].

Hadis lain juga berbunyi:

“Barangsiapa sholat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan sholat separuh malam. Barangsiapa sholat subuh berjamaah maka seakan-akan dia sholat seluruh malam.” (HR. Muslim)

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sholat Berjamaah

4. Mendapat Perlindungan dari Api Neraka

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa berjamaah sholat subuh kemudian duduk seraya mengingat Allah ta’ala hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka”.

5. Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

Selain beberapa keutamaan yang telah disebutkan, keutamaan lainnya adalah memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Orang yang melakukan ibadah sholat secara berjamaah senantiasa akan mendapatkan perlindungan dari Allah, terlebih pada kondisi tiada siapa pun yang dapat membantunya.

Hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang berbunyi:

“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah SWT pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan Nya, (salah satunya adalah) “ Seorang laki-laki yang hatinya terpaut di masjid” (HR. Bukhari).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.