Sukses

20 Kata-Kata Mutiara tentang Hari Kiamat, Renungan dan Pengingat Diri

Salah satu kata-kata mutiara islami yang menjadi bahan muhasabah adalah tentang hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kata-kata mutiara yang bernuansa islami. Kata-kata islami seperti ini sering dicari sebagai bahan renungan dan pengingat diri setelah Al-Qur’an dan hadis nabi. Salah satu kata-kata mutiara islami yang menjadi bahan muhasabah adalah tentang hari kiamat. 

Sebagaimana kita tahu, setiap umat Islam wajib percaya akan datangnya hari kiamat. Iman kepada hari kiamat akan membuat seorang muslim mempersiapkan diri dengan memperbanyak amal saleh.

Kata-kata mutiara islami bisa menjadi motivasi seorang muslim agar semakin taat kepada Allah SWT. Sebab, di balik kata-kata tersebut terselip hikmah dan makna yang amat mendalam.

Sebagian kata-kata mutiara islami bersumber dari Al-Qur’an dan hadis nabi. Harapannya, dapat memberikan kesadaran tentang persiapan sebelum amalan setiap manusia ditimbang di hari kiamat.

Mengutip mutiaraislam.net, Selasa (21/2/2023) berikut adalah kata-kata mutiara islami tentang hari kiamat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Hari Kiamat

1. Pada hari itu kamu dihadapkan kepada Tuhanmu, tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi bagi Allah. – (Q.S Al-Haqqah: 18)

2. Amalan yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat nanti adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka amal yang lainnya juga dinilai baik. Dan jika shalatnya buruk, maka amal yang lainnya juga dinilai buruk. – Hadits

3. Kamu adalah penulis bagi buku catatan amal perbuatanmu sendiri, maka pastikan itu layak dibaca pada hari kiamat kelak.

4. Tujuh golongan yang akan mendapat naungan Allah pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Pemimpin yang adil; (2) Pemuda yang tumbuh dewasa dalam ketaatan kepada Allah; (3) Seorang yang hatinya terpaut dengan masjid; (4) Dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena-Nya; (5) Seorang lelaki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Aku benar-benar takut kepada Allah’; (6) Seseorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan tangan kanannya, serta (7) Seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya. – Hadis

5. Sesungguhnya Allah akan bertanya pada hari Kiamat nanti, “Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Hari ini, di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Ku, Aku akan menaungi mereka di bawah naungan-Ku”. – Hadis

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Hari Kiamat

6. Pada hari kiamat kelak, kita akan merindukan setiap shalat yang kita lewatkan.

7. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orangtuaku serta sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat) kelak. – (Q.S Ibrahim: 41)

8. Dan pada hari itu diperlihatkanlah neraka Jahannam; dan pada hari itulah manusia akan mengingat, akan tetapi sudah tak ada gunanya mengingat itu baginya. – (Q.S Al-Fajr: 23)

9. Tidak ada sesuatu yang lebih berat pada timbangan amal seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlak yang mulia. – Hadis

10. Kamu menolak untuk memaafkan seseorang, tapi pada hari kiamat nanti, kamu akan berdiri tegak, memohon kepada Allah untuk memaafkanmu. – Yasmin Mogahed

11. Bacalah Alquran, karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya. – Hadis

12. Barangsiapa membela kehormatan saudaranya tanpa sepengetahuannya, Allah akan menjaga dirinya dari api neraka pada hari kiamat. – Hadis

13. Naungan orang beriman pada hari Kiamat adalah sedekahnya. – Hadis

14. Hari esok bukan jaminan bagi siapapun, tapi berdiri di hadapan Allah pada hari penghakiman (Hari Kiamat) adalah sebuah kepastian.

15. Ya Allah, jadikanlah hari sebelum aku berdiri di hadapanmu sebagai hari terindah dalam hidupku.

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Hari Kiamat

16. Dan takutlah kalian akan datangnya hari di mana pada waktu itu kalian semua dikembalikan kepada Allah. – (Q.S Al-Baqarah: 281)

17. Buku yang akan membuatmu terkejut saat membacanya, meskipun kamu sendiri yang menulisnya, adalah buku catatan amal perbuatan milikmu yang akan diperlihatkan pada hari kiamat kelak. Maka tulislah buku itu dengan baik. – Mufti Ismail Menk

18. Kedzaliman akan menjadi kegelapan pada hari kiamat kelak. – Hadis

19. Kamu tidak bisa menyalahkan setan atas tindakan yang kamu lakukan di dunia, karena pada hari kiamat kelak Setan akan berkata, “Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan aku hanya sekedar menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, karena itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri”. – (Q.S Ibrahim: 22)

20. Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya. (HR. Tirmidzi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.