Sukses

Heboh Isu Penculikan Anak, Ini Doa Keselamatan Anak dan Cucu: Dibaca Setelah Sholat Subuh

Beberapa waktu terakhir, masyarakat dibikin khawatir oleh isu penculikan anak di berbagai daerah. Meski kepolisian telah mengonfirmasi bahwa kabar itu tak benar, namun sebagian masyarakat tetap saja khawatir. Karena itu, lebih baik kita berdoa

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu terakhir, masyarakat dibikin khawatir oleh isu penculikan anak di berbagai daerah. Meski kepolisian telah mengonfirmasi bahwa kabar itu tak benar, namun sebagian masyarakat tetap saja khawatir.

Bahkan, saking khawatirnya, terjadi insiden yang berawal dari kecurigaan penculikan anak.

Sebagai orangtua, tentu saja berharap agar anaknya selamat. Isu penculikan itu tak urung membuat masyarakat memperketat pengawasan terhadap anaknya.

Di satu sisi, pengawasan yang ketat itu baik, asal tak over-protektif. Namun, di sisi lain, banyak anak yang merasa terkekang karena pengawasan yang membuatnya tak bisa bermain dengan leluasa.

Selain langkah pencegahan dengan pengawasan, umat Islam lebih baik juga berdoa. Berikut ini adalah doa keselamatan anak dan cucu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lafal Doa Keselamatan Anak dan Cucu Beserta Artinya

Mengutip nu.or.id, lafal doa yang dapat dibaca oleh orang tua untuk keselamatan anak dan cucunyay yaitu,

اللَّهُمَّ بِحُرْمَةِ النَّبِيِّ وَالحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَأُمِّهِ وَأَبِيْهِ وَنَجِّنِيْ مِنَ الغَمِّ الَّذِيْ فِيْهِ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَأَسْئَلُكَ أَنْ تُحْيِيَ قَلْبِيْ بِنُوْرِ مَعْرِفَتِكَ أَبَدًا أَبَدًا يَا رَسُوْلَ اللهِ يَا اللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad SAW, Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamakanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang maha tegak, wahai Zat yang maha besar dan mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 50).

Lafal doa ini dapat dibaca pada sebelum shalat Subuh. “Ini doa dibaca dahulu daripada sembahyang Subuh supaya selamat anak cucu,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 50). Semoga Allah memberikan keselamatan kepada anak dan cucu kita semua dunia dan akhirat. Amīn. Wallahu a‘lam.

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.