Sukses

5 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah untuk Hidup Lebih Berkah

Kumpulan amalan untuk mendekatkan diri kepada Alllah SWT

Liputan6.com, Jakarta - Disebutkan dalam Al-Qur'an surat At-Tiin ayat 4, “Manusia adalah makhluk terbaik." Oleh karena itu manusia harus selalu melakukan kebaikan atau amal saleh.

Allah SWT menganugerahi manusia suatu kemampuan yang tidak dimiliki makhluk lain, yaitu kemampuan berpikir dan kemampuan fisik. Hal itu dimaksudkan untuk membantu manusia dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai makhluk di bumi.

Dengan kemampuan berpikirnya, manusia dapat membedakan hal-hal yang baik dan buruk di dalam kehidupan yang fana ini. Fana sering dipakai untuk menggambarkan kehidupan dunia yang sementara dibandingkan kehidupan akhirat yang abadi. 

Dalam hidup ini pasti akan ada hal-hal yang terjadi diluar ekspektasi kita, namun darinya kita bisa belajar bahwa dunia ini tidak seindah yang kita bayangkan. Kecintaan akan hidup duniawi menjadi begitu dalam dan menghujam hati kita. 

Siang malam kita sibuk berpikir tentang kesenangan, bagaimana memaksimalkan keuntungan-keuntungan kita. Siang malam kita sibuk berpikir tentang bagaimana melipatgandakan kekayaan yang kita peroleh.       

Imam Syafi’i pernah berpesan kepada kita semua, “tempatkanlah akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan mati di pelupuk matamu”. Terkadang banyak manusia yang bangga akan hal-hal yang bersifat dunia tapi lupa bahwa dunia hanya kehidupan sementara yang tidak akan pernah abadi.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Mukmin manakah yang paling cerdas? Yaitu orang yang paling banyak mengingat mati dan paling banyak persiapannya menghadapi kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang paling cerdas.”

Hidup sebenarnya yang kita lalui masih begitu panjang, ada fase-fase yang harus kita lalui untuk menuju tempat peristirahatan yang terakhir yaitu antara surga dan neraka. Allah tidak akan bertanya kenapa kulitmu hitam, hidungmu pesek, tubuhmu pendek, wajahmu jelek dan lain-lain. 

Oleh karena itu, maka dekatkanlah diri kepada Allah melalui amalan-amalan berikut, agar kita tidak lalai dengan kehidupan dunia dan insyaalah mendapat kebahagian di akhirat kelak.

1. Mendirikan Sholat

Sholat merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan kebutuhan bagi kaum yang beriman.

Dengan mendirikan sholat lima waktu dan tepat waktu kita bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Jadi, jangan lupa untuk menjalankan sholat 5 waktu, tinggalkan semua urusan dunia, dekatkan diri kepada Allah SWT saat adzan berkumandang dan bergegas untuk mendirikan sholat.

2. Membaca AL-Qur’an

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang berikutnya adalah dengan memperbanyak tilawah atau membaca Al-Quran. Amalan ini tidak hanya membuat kita semakin dekat dengan Sang Pencipta dan mendatangkan pahala, ini juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang semakin sabar, lapang dada, jujur, dan sebagainya.

3. Mengingat Kematian dan Tidak Tergiur dengan Dunia

Kematian pasti akan menghampiri makhluk hidup, namun hanya Allah SWT yang mengetahui waktunya. Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita dan dapat secepat kilat menjemput. 

Oleh karena itu sebagai umat Islam dan hamba yang baik jangan sampai tergiur akan gemerlap dunia. Dunia hanyalah tempat singgah sementara dan anya perkara yang fana.

4. Selalu Menjadi Pribadi yang Bersyukur

Ada beberapa cara bersyukur diantaranya, bersyukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan Allah, bersyukur dengan lisan dengan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah), bersyukur dengan tindakan bermakna bahwa semua nikmat yang diperoleh harus dimanfaatkan di jalan yang diridhai-Nya dan merawat kenikmatan yang telah Allah berikan.

5. Berdzikir dan Jalankan Ibadah Sunnah

Berdzikir adalah menyebut nama Allah dengan membaca tasbih (Subhanallah), tahlil (Laa ilaaha ilallaah), tahmid (alhamdulillah), taqdis (qudduusun), takbir (allahu akbar), dan lain-lain. Sholat sunnah yang bisa dikerjakan seperti sholat rawatib, dhuha, witir,tasbih, istikharah,dan lain sholat sunnah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.