Sukses

5 Objek Wisata Religi Masjid Megah di Qatar, Nonton Piala Dunia 2022 Jadi Berkah

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 merupakan pesta akbar sepak bola dunia yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) setiap empat tahun sekali. Pada putaran final ke-22 Piala Dunia, Qatar menjadi tuan rumah yang terpilih sejak tahun 2010.

Perhelatan akbar empat tahunan ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pencinta sepak bola dunia. Mereka yang negaranya masuk putaran final ke-22 Piala Dunia rela merogoh kocek lebih dalam untuk terbang ke Qatar demi mendukung timnas kebanggaannya.

Selain para pendukung timnas di Piala Dunia 2022, warga negara lain juga ada yang ikut menyaksikan pertandingan secara langsung di Qatar. Meski timnas negaranya tidak tampil, mereka tetap antusias untuk menonton laga-laga seru di Piala Dunia.

Berkunjung ke Qatar sayang kalau sekadar menyaksikan pertandingan Piala Dunia. Bagi Anda, warga Indonesia khususnya yang datang ke Qatar dapat mengeksplorasi wisata-wisata religi di Qatar, salah satunya adalah masjid.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid-masjid di Qatar menjadi destinasi wisata religi menarik yang dapat dikunjungi. Anda juga dapat berfoto-foto untuk mengabadikan momen selama di negara tuan rumah Piala Dunia dengan latar belakang masjid. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini Liputan6.com ulas lima masjid yang megah dan menjadi wisata religi di Qatar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Masjid Imam Abdul Wahhab

Masjid Imam Abdul Wahhab dikenal juga dengan Masjid Agung Qatar. Masjid yang dapat menampung hingga 30.000 jemaah ini diresmikan pada 2011 silam dan didirikan oleh Sheikh Jassim bin Mohammed Al Thani.

Kemegahan Masjid Agung Qatar jangan ditanya lagi. Desain interior dengan lantai marmer berwarna tanah membuat jemaah terasa nyaman dan sejuk meski musim panas. Masjid ini terbuka bagi non-muslim.

2.  Masjid Fanar (ICC)

Jika masjid terbesar di Qatar diraih oleh Masjid Imam Abdul Wahhab, nah kalau masjid tertinggi di Qatar pemenangnya adalah Masjid Fanar. Ketika bertandang ke Qatar jangan sampai melewatkan masjid satu ini.

Sebenarnya, nama masjid ini yang sebenarnya adalah Masjid Islamic Cultural Center (ICC) Abdullah bin Zaid Al-Mahmud. Namun, masjid yang dibuka untuk umum sejak 12 Januari 2008 ini lebih populer dikenal dengan Masjid Fanar (ICC).

3 dari 4 halaman

3. Masjid Katara

Destinasi wisata religi masjid berikutnya adalah Masjid Katara yang berada di Doha, Qatar. Selain menjadi salah satu masjid terindah di Qatar, masjid ini ternyata mempromosikan Islam selama Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mengutip Katara.net, Masjid Katara dirancang oleh perancang masjid Turki yang terkenal secara global, Zainab Fadil Oglu. Dekorasi Masjid Katara dirancang oleh tim spesialis pemugaran dari Istana Dolma di Istanbul. 

Masjid ini menampilkan permukaan luar yang dihiasi dengan mosaik biru kehijauan dan ungu, dan desain interior indah yang menambah kemewahan. Desain arsitektur interior dan eksterior, bersama dengan menara, kubah, dan relung sholat (mihrab) semuanya terinspirasi oleh beberapa masjid terkenal yang ditemukan di berbagai kota dan ibu kota dunia Muslim. 

Selain aspek-aspek penting ini, masjid ini juga dipenuhi dengan kerajinan tangan artistik, seperti ornamen, prasasti, dan ubin mosaik.

4 dari 4 halaman

4. Masjid Emas (The Golden Mosques)

Ketika nonton Piala Dunia di Qatar, jangan sampai melewatkan The Golden Mosques alias Masjid Emas. Masjid ina di Katara, sekitar 5 km dari Doha, ibu kota Qatar.

Masjid ini dihiasi dengan serpihan emas yang sangat kecil, dan gaya arsitekturnya berkiblat ke Ottoman. Beberapa program keagamaan dan serangkaian ceramah agama sering dilaksanakan di masjid ini. Masjid ini termasuk destinasi wisata religi yang harus dikunjungi, khususnya oleh para pelancong muslim khususnya.

5. Education City Mosque

Education City Mosque adalah masjid di Qatar yang terletak di gedung Minaratein. Masjid ini bertumpu pada lima kolom besar yang mewakili lima Rukun Islam, dengan masing-masing menampilkan ayat yang diambil dari Al-Qur'an.

Education City Mosque mampu menampung 1.800 jemaah di ruang salat utamanya dan 1.000 lainnya di halaman luarnya. Selain sebagai rumah ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai masjid komunitas di sekitar area Al Rayyan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS