Sukses

Teks Doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional 25 November 2022, Khidmat dan Menyentuh Hati

Liputan6.com, Jakarta - Upacara bendera Hari Guru Nasional dapat dilaksanakan pada Jumat, 25 November 2022. Upacara ini merupakan salah satu bentuk memperingati Hari Guru Nasional.

Pelaksanaan upacara bendera Hari Guru Nasional di tingkat pusat diselenggarakan di kantor Kementerian Pendidikan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kantor Kementerian Agama.

Upacara juga dapat dilaksanakan di instansi dan satuan pendidikan di daerah, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, serta satuan pendidikan di luar negeri.

Upacara Hari Guru Nasional dapat digelar di lapangan terbuka dengan penuh khidmat. Karena masih Covid-19, upacara diselenggarakan secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Melansir Pedoman Pelaksana Upacara Bendera Hari Guru 2022, salah satu susunan acara upacara adalah pembacaan doa. Jika teks doa dibacakan secara Islam, petugas pembaca doa dapat mempersilakan peserta upacara yang non-muslim berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Berikut adalah teks doa upacara Hari Guru Nasional yang penuh khidmat dan menyentuh hati. Teks doa ini dapat dibacakan pada 25 November 2022.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Doa Upacara Hari Guru Nasional

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan na’imin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik. Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

Yaa Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Segala puji serta syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat berbahagia nan khidmat ini kami berhimpun dalam mengikuti Upacara Bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022  seraya berdoa dan berserah diri kepada-Mu yaa Rabb.

Ya Allah Ya Aziiz ya Adhim (Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Agung) 

Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri agar terus meningkatkan kompetensi serta kualitas pembelajaran semata-mata demi mendidik putra putri kami menjadi Pelajar Pancasila yang unggul, maju, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing.

Ya Allah ya Jabbar Dzat yang Maha Kuasa

Berikanlah kepada para guru-guru kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan, dan rasa syukur yang tinggi dalam berkarya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kokohkan kesungguhan kami, bersihkan  hati kami agar kami mampu mencari solusi dari setiap persoalan dan tantangan, serta bersikap bijak atas kekurangan.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim

Muliakan guru-guru kami. Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati yang dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. Sosok teladan yang selalu mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menebar semangat dan inspirasi bagi sekitarnya, sehingga terlahir orang-orang hebat untuk mewujudkan peradaban Indonesia yang unggul dan mulia. 

Yaa Allah yang Maha Pengampun

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Bapak dan Ibu kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau bebankan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. 

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya, sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang tersesat yang Engkau hinakan. sehatkan kami, kuatkan dan bahagiakan kami. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifuna wa salamun 'alal mursalina wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.