Sukses

Fakta-Fakta Kebakaran Kubah Masjid JIC Jakarta: Penyebab hingga Dampak

Terlihat api yang berkobar hebat di kubah masjid JIC tersebut sudah berhasil mencapai bagian leher kubah, namun sedang berupaya dipadamkan oleh petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, ambruk saat terjadi kebakaran sehingga hal itu menimbulkan kepanikan bagi warga di daerah itu, Rabu.

"Kami menerima informasi kebakaran pukul 15.23 WIB. Petugas langsung kami kerahkan ke lokasi. Sumber api berasal dari kubah masjid,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto saat dikonfirmasi di Jakarta Utara.

Sementara itu, petugas renovasi kubah masjid JIC Nano Sumano mengatakan kebakaran ini terjadi pada saat petugas renovasi atap masjid membakar "water proofing" aspal dan percikan apinya mengenai bahan-bahan yang mudah terbakar.

"Tiupan angin kencang membuat api terus membesar," kata Nano, dikutip Antara.

Rahmat melanjutkan, belum diketahui apakah ada korban akibat kejadian tersebut.

Namun, lanjutnya, terlihat api yang berkobar hebat di kubah masjid JIC tersebut sudah berhasil mencapai bagian leher kubah, namun sedang berupaya dipadamkan oleh petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta.

Ia mengaku, puluhan petugas dikerahkan guna meredam sekaligus memadamkan kobaran api.

Untuk sementara, pihaknya menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

Namun, tambahnya, ia memperkirakan akan ada penambahan unit lainnya mengingat kobaran api masih berstatus merah hingga berita ini dilaporkan pada pukul 16.30 WIB.

“Sampai saat ini api masih menyala. Petugas masih terus berusaha memadamkan api di lokasi,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Proses Renovasi

Manajemen Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) menyebutkan, bagian kubah itu terbakar saat masih dalam proses pengerjaan renovasi sehingga sedang tidak digunakan untuk ibadah.

"Ya pak, masih renovasi," kata Kepala Sub Divisi Pengkajian Masjid Raya JIC Paimun Karim, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Paimun mengatakan percikan api muncul selepas waktu sholat Asyar ketika ada pengerjaan membran pelapis anti bocor dengan cara dilelehkan.

Saat itu, terjadi percikan api yang mengenai bagian kubah yang mudah terbakar sehingga menimbulkan kebakaran.

"Tiupan angin kencang membuat api semakin membesar," katanya.

Namun, ia menegaskan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini dan ia belum merinci perkiraan kerugian akibat peristiwa itu.

Kebakaran pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara itu mengakibatkan ambruknya kubah masjid itu.

Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara sudah memeriksa empat orang saksi yang berada di lokasi kejadian sebagai pekerja dari kontraktor PT DASP yang sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Raya JIC.

Saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (apar), namun api semakin membesar dan akhirnya kubah Masjid Raya JIC keseluruhan terbakar.

Sembilan Unit mobil Pemadam Kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan penanganan kebakaran.

Saat berita ini ditulis pada sekitar pukul 17.30 WIB, api juga masih belum padam dan masih dalam penanganan petugas kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.