Sukses

5 Keistimewaan Surat Yasin yang Sunah Dibaca pada Malam Jumat

Liputan6.com, Purwokerto - Hari Jumat merupakan hari istimewa. Hari Jumat disebut sebagai sayyidul-ayyam atau penghulu hari, karena berbagai keistimewaannya.

Umat Islam dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah dan amalan pada hari Jumat. Lantaran Islam menggunakan kalender Qomariyah atau rembulan, maka hari Jumat terhitung sejak Kamis petang atau malam Jumat.

Pada malam Jumat, banyak umat Islam yang membaca surat Yasin. Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Qur'an yang terdiri atas 83 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyah.

Abu Hurairah meriiwayatkan Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ (يس) فِيْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَوَجْهِ اللّٰهِ غُفِرَلَهُ فِيْ تِلْكَ الَّليْلَةِ

Artinya : Barang siapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah Allah maka ia akan diampuni pada malam itu. (HR. Ad-Darimi: II/457).

Karena itu, banyak ulama yang menganjurkan agar surat Yasin dibaca pada malam Jumat dan malam lainnya. Dengan begitu, kesalahan maupun dosa yang dilakukan di hari itu akan diampuni oleh Allah SWT.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

5 Keistimewaan Surat Yasin

Mengutip NU Online, surat Yasin adalah inti Al-Qur'an dan disunahkan membacanya pada orang yang hendak meninggal dunia. Ma'qil bin Yassar meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

اَلْبَقَرَةُ سَنَامُ القُرْآنِ، وَاسْتُخْرِجَتْ "اللّٰهُ لاَإِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ" مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ، وَ (يس) قَلْبُ القُرْآنِ، لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللّٰهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الآ خِرَةَ إِلَّا غُفِرَلَهُ، إِقْرَءُهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ. يَعْنِيْ (يس)

Artinya: Al-Baqarah adalah punuknya Al-Qur'an dan ayat (ini) dikeluarkan dari bawah arsy, yaitu:

اللهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَالْحَىُّ الْقَيُّومُ

Sedangkan surat Yasin adalah inti dari Al-Qur'an. Tidaklah seseorang yang membacanya dengan niat menginginkan Allah dan negeri akhirat melainkan ia akan diampuni. Bacakanlah ia pada orang-orang yang hendak meninggal di antara kalian. (HR. Ahmad: V/25, 26)

Dari beberapa penjelasan di atas, banyak ulama menganjurkan membaca surat Yasin, terutama malam Jumat. Karena memiliki banyak keistimewaan.

1. Hati Al-Qur'an adalah surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, Allah mencatat pahala bagi pembacanya yang sebanding dengan membaca Al-Qur'an sepuluh kali.

2. Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam Jumat, maka Allah memberikan keimanan yang kukuh.

3. Barang siapa membaca surat Yasin pada suatu malam karena mengharapkan ridha Allah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang lampau dan keesokan harinya.

4. Barang siapa membaca surat Yasin di depan orang yang sedang menghadapi sakaratul maut, maka Allah meringankan dan memudahkan keluarnya ruh.

5. Barang siapa berziarah ke kuburan, lalu membaca surat Yasin, maka Allah meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu. Selanjutnya, pembaca surat Yasin memperoleh pahala yang sama dengan jumlah pahala ahli kubur yang ada.

Tim Rembulan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS